Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Ungkap Misinya di Tatanan Otomotif Global

Kompas.com - 10/12/2023, 12:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - BYD bukan nama sembarangan di peta mobil listrik dunia. Perusahaan asal China ini tumbuh kuat di segmen mobil listrik dan menjadi salah satu pemimpin di segmen kendaraan elektrifikasi.

BYD Auto pertama kali berdiri pada 1995 dan dengan cepat jadi pemain mobil listrik global, pada 2022 perusahaan memutuskan untuk terjun penuh di segmen kendaraan listrik (EV).

Baca juga: Daftar Motor Listrik Subsidi Harga di Bawah Rp 15 Juta

Luther T Panjaitan, Kepala Marketing dan Komunikasi PT BYD Motor Indonesia, mengatakan, bersamaan dengan keputusan tersebut pada 2022 BYD merupakan merek dengan penjualan kendaraan elektrifikasi terbanyak di dunia.

SUV Listrik BYD Yangwang U8 di Japan Mobility Show 2023Kompas.com/Agung Kurniawan SUV Listrik BYD Yangwang U8 di Japan Mobility Show 2023

"Penjualan pada 2022 yaitu 1,86 juta mobil (untuk BEV dan PHEV)," ujar Luther kepada Kompas.com, belum lama ini.

BYD menyebut dirinya sebagai perusahaan teknologi. BYD punya empat sektor bisnis yaitu otomotif, rail transit, energi terbarukan, dan perangkat elektronik. Mobil listrik hanya salah satu produk yang dihasilkan.

Baca juga: Sejak Meluncur 2018 Lexi Minim Ubahan, Ini Penjelasan Yamaha

Pada sektor otomotif, BYD mengklaim memiliki semua teknologi mobil listriknya sendiri. Mulai dari baterai, CTB technology, platfrom khusus mobil listrik, hingga intellegent body control system.

"Misi kami adalah menurunkan derajat bumi, ini bukan seperti menurunkan derajat AC. Belum lama ini ada berita bahwa rata-rata suhu bumi menedekati lebih panas dua derajat. Pesan yang simpel tapi sangat kuat dari perusahaan kami," katanya.

Direktur Utama Blue Bird Adrianto DjokosoetonoKompas.com / Kiki Safitri Direktur Utama Blue Bird Adrianto Djokosoetono

Seperti diketahui, pemanasan global adalah proses peningkatan suhu bumi yang berlebihan. Penyebabnya, gas rumah kaca yang tentu juga berlebihan.

Dalam 200 tahun terakhir, manusia menghasilkan karbon dioksida yang berlebih lewat pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas bumi. Pembakaran yang masif ini dimulai sejak abad ke-18, ketika dunia memasuki Revolusi Industri.

Mobil listrik dianggap salah satu solusi pemanasan global karena menekan emisi karbon yang dihasilkan. Hal tersebut yang kemudian jadi misi BYD sebagai pemain besar di segmen kendaraan elektrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com