Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Keunggulan Sewa Mobil Lepas Kunci

Kompas.com - 01/07/2023, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia sewa menyewa mobil calon konsumen dapat memilih dua jenis sewa, yaitu pertama menyewa dengan sopir dan kedua model lepas kunci alias tanpa pengemudi.

Khusus untuk sewa mobil lepas kunci, Kisnanto Hadi Pribowo, Manajer Operasional PT Semesta Bolo Transindo (Sembodo rent Car) mengatakan, pada dasarnya punya dua keunggulan dibanding pakai sopir.

Baca juga: Impresi Berkendara Motor Listrik United TX3000

"Yang pertama mungkin ialah costumer yang minat lepas kunci biasanya pertimbangan pertama ialah jumlah kapasitas tempat duduk," ujar Bowo panggilannya kepada Kompas.com, Jumat (30/6/2023).

Rental mobil yang baik menyediakan layanan asuransi bagi konsumennya.SHUTTERSTOCK Rental mobil yang baik menyediakan layanan asuransi bagi konsumennya.

"Misalkan (Toyota) Avanza dan (Mitsubishi) Xpander kalau normalnya kan bisa mengangkut 7-penumpang, kalau jalan-jalan sama keluarga dengan jumlah tujuh orang maka cukup," ujar dia.

"Tapi kalau sewanya dengan pengemudi otomatis ada satu bangku yang berkurang. Jadi keunggulannya jumlah tempat duduk lebih banyak bisa dimaksimalkan," ujar Bowo.

Kedua terkait privasi. Bowo mengatakan, ada orang yang dalam perjalanan lebih nyaman jika tidak ada orang asing yaitu sopir rental sehingga saat mengobrol bisa lebih leluasa.

Baca juga: Bikin SIM Online, Begini Cara Pakai Aplikasinya

Mobil berjajar di garasi salah satu perusahaan rental mobil di Jalan PHH Mustopa, Kota Bandung, Senin (24/8/2020). Pandemi Covid-19 membuat para pengusaha rental mobil kelimpungan. Situasi itu diperparah dengan maraknya tindak penggelapan selama pandemi.KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI Mobil berjajar di garasi salah satu perusahaan rental mobil di Jalan PHH Mustopa, Kota Bandung, Senin (24/8/2020). Pandemi Covid-19 membuat para pengusaha rental mobil kelimpungan. Situasi itu diperparah dengan maraknya tindak penggelapan selama pandemi.

"Biasanya memang untuk kustomer lepas kunci itu mereka ingin privasi terjaga. Misalkan dalam perjalanan ingin ada pembicaraan dan tidak mau didengarkan atau didengar pihak lain," kata Bowo.

Anang, pemilik Anang Trans, mengatakan keunggulan lain biasanya sewa mobil lepas kunci dibanderol dengan harga lebih murah karena harga yang tertulis tidak termasuk biaya lain-lain.

“Jelas harganya lebih murah bila lepas kunci, karena tidak ada biaya untuk bayar sopir, bahan bakar minyak dan lain sebagainya,” ucap Anang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com