Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemungkinan Motor Listrik Yamaha Neo’s Masuk Indonesia

Kompas.com - 12/12/2023, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di Eropa dan Vietnam, Yamaha telah meluncurkan motor listrik Yamaha Neo’s. Berbeda dengan Yamaha E01 yang tampak besar dan cocok buat perjalanan jauh, Neo’s mengutamakan kekompakan dan fleksibilitas untuk penggunaan sehari-hari.

Motor listrik ini juga lebih mungkin untuk dipasarkan di Indonesia. Mengingat Yamaha E01 belum diproduksi massal dan sengaja meluncur untuk keperluan riset.

“Dalam kasus E01, kami tidak berencana untuk menjualnya di mana pun di dunia. Neos sudah dijual di beberapa pasar, seperti Vietnam dan Eropa,” ujar Director Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Hiroshi Takeyama di Sentul, Bogor (9/12/2023).

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru Yogyakarta-Tangerang, Tarif Rp 160.000

Motor listrik Yamaha Neo'sDok. Yamaha Eropa Motor listrik Yamaha Neo's

“Jadi dalam kasus E01 dan Neos, hanya Neos yang punya kemungkinan. Karena untuk E01 kami tidak berencana menjualnya di manapun di dunia. Tujuannya berbeda. Tujuan E01 bukan untuk dijual. Itu hanya model untuk penelitian,” kata dia.

Dilansir dari laman resmi Yamaha Eropa (12/12/2023), Yamaha Neo’s dibanderol dengan harga 2.950 poundsterling atau setara Rp 57,9 juta.

Motor listrik kecil berdimensi (PxLxT) 1.875 X 695 X 1.120 mm dipasarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Milky White, Aqua, dan Midnight Black.

Baca juga: Ini 5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Sepanjang 2023\

Motor listrik Yamaha Neo'sDok. Yamaha Eropa Motor listrik Yamaha Neo's

Yamaha Neo’s dipasarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Milky White, Aqua, dan Midnight Black dengan banderol 2.950 poundsterling atau setara Rp 57,9 juta.

Yamaha Neo’s mengusung baterai dengan daya 51,1V 23,2Ah atau setara 1,1 kWh dengan jarak tempuh 72 km dengan kondisi konstan 30 kpj dan berat pengendara 75 kg.

Adapun untuk motor listriknya memiliki spesifikasi dinamo 2nd generation YIPU electric motor air cooled, dengan tenaga 2,3 kW atau setara 3,0 Tk pada 400 rpm dan torsi maksimal 136 Nm pada 50 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com