Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Terbaru Hyundai Kona Siap Meluncur, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Kompas.com - 12/12/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai siap meluncurkan generasi terbaru dari mobil listrik Kona pada awal tahun 2024.

Sebagai awalan, mobil ini akan dijual di Amerika Serikat dengan harga mulai 32.675 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 511 juta.

Bicara soal tampilan, generasi baru dari Kona ini tampak lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya. Lampu depan terlihat lebih besar, dengan tambahan LED yang memanjang seperti yang disematkan pada Hyundai Staria atau Hyundai Stargazer.

Baca juga: Ulas Perbedaan Toyota Transmover Bluebird dengan Avanza

Di bagian kaki-kaki, Hyundai Kona dibekali pelek dual tone model kipas yang modern berukuran 17 inci.

Kona terbaru 152 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya, sehingga ruang kaki di kursi baris ketiga bertambah 76 mm.

Masuk ke bagian interior, mobil ini disematkan layar ganda yang meliputi MID dan head unit, masing-masing berukuran 12 inci. Untuk head unit sudah dibekali dengan fitur GPS, Android Auto serta Apple CarPlay nirkabel.

Hyundai Kona 2024Doc Carscoops Hyundai Kona 2024

Mobil ini juga sudah dibekali sistem pendingin otomatis dua zona, sistem audio enam speaker, dan sistem entri pasif dengan kunci kontak.

Meskipun berstatus entry-level, Kona hadir dengan sejumlah sistem bantuan pengemudi, termasuk tipe SE yang menjadi trim terendah. Sistem bantuan pengemudi itu meliputi Highway Driving Assist dan Smart Cruise Control berbasis navigasi dengan Stop and Go.

Fitur-fitur tersebut juga dilengkapi dengan Forward Collision-Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Collision Avoidance-Assist, dan Blind-Spot Collision Warning. Fitur keselamatan lainnya termasuk High Beam Assist, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Safe Exit Warning, dan Rear Occupant Alert.

Soal tenaga penggerak, Kona generasi anyar ini mendapat dua pilihan baterai. Pertama ada baterai berkapasitas 48,6 kWh yang menghasilkan tenaga 133 hp dan torsi 255 Nm. Baterai tersebut mampu memberikan jarak tempuh 322 Km serta kecepatan tertinggi 163 Km per jam.

Hyundai Kona 2024Doc Carscoops Hyundai Kona 2024

Pemilik dapat mengisi ulang daya 10-80 persen dalam waktu sekitar 43 menit dengan pengisi daya cepat DC 100 kW. Di rumah, dengan pengisi daya Level 2, baterai dapat terisi 10-100 persen dalam waktu sekitar lima jam.

Kemudian pilihan baterai yang kedua yakni berkapasitas 64,8 kWh yang menghasilkan jarak tempuh hingga 261 mil 420 Km. Tenaga yang dihasilkan juga lebih besar yakni 201 hp dan torsi 255 Nm.

Baca juga: Mitsubishi Tambah Investasi Rp 5,7 Triliun, Termasuk Produksi EV dan Hybrid?

Dengan baterai tersebut mobil bisa melaju lebih kencang, yakni 172 Km per jam, sekaligus menambahkan sekitar satu jam ke waktu pengisian daya 10-100 persen Level 2

Dikutip dari Carscoops, Selasa (12/12/2023), Hyundai Kona 2024 tersedia dalam tiga trim, yakni Kona Electric SE yang dibanderol 32.675 dolar AS atau sekitar Rp 511 juta.

Ada juga Kona Electric SEL yang dijual 36.675 dolar AS atau Rp 573 juta dan trim tertinggi Kona Electric Limited 41.045 dolar AS atau Rp 642 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com