Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Faktor yang Bikin Kendaraan Niaga Tetap Laku di Pasar

Kompas.com - 08/12/2023, 11:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com  - Kini ada banyak merek truk di Indonesia yang menawarkan beragam keunggulan. Bahkan, desain atau model kendaraan niaga terus melakukan pembaruan untuk mengikuti kebutuhan pelanggan.

Ali Umar, Sales Development UD Trucks Indonesia, mengatakan, inovasi harus dilakukan mengikuti sesuai dengan zaman agar bisa mendapatkan ceruk pasar. 

"Kalau kita ngomongin kebutuhan truk 10 tahun yang lalu itu tentu dengan truk yang dibutuhkan saat ini. Hal itu yang menuntun kita untuk selalu melakukan inovasi berupa teknologi terbaru yang dibutuhkan pelanggan saat ini," kata Ali di kantor UD Trucks di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: Ini Tantangan Pengembangan Transportasi Umum di Indonesia 

Ali mengatakan, terkait inovasi kendaraan komersial tidak jauh dari tiga poin. Poin pertama yaitu produktivitas, hal ini berkaitan apakah produk truk bagus atau tidak untuk kebutuhan pasar di era saat ini. 

Dia menyarankan, jangan sampai setelah beli truk bukannya menghasilkan uang justru malah mengeluarkan uang lantaran inovasi truk tidak sesuai. 

UD Trucks QuesterKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI UD Trucks Quester
"Poin yang kedua reability dan durability yang mana seberapa kuat produk ini serta juga terkait layanan aftermarket jadi salah satu faktor di sana," kata Ali. 

Lalu poin yang ketiga adalah fuel efficiency yang mana jangan sampai memilih truk dengan spek tidak sesuai karena ketersediaan varian tidak banyak. 

Baca juga: Pola Jual Beli Mobil Diprediksi Berubah, Bakal 95 Persen Online

Terkait inovasi, produk truk Quester dari UD Trucks saat ini telah menyematkan beragam fitur-fitur canggih untuk memberikan solusi transportasi kesuai kebutuhan zaman.

"Kami mengerti bahwa pelanggan kami di Indonesia memiliki kebutuhan unik, dan dengan menghadirkan fitur-fitur terbaru pada Quester Euro5 seperti setir yang memiliki 4 spoke, fitur keselamatan ABS dan Hub Reduction yang semuanya bertujuan untuk  kemudahan, kenyamanan dan keselamatan pengendara," kata Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com