Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tantangan Pengembangan Transportasi Umum di Indonesia

Kompas.com - 07/12/2023, 19:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi untuk menggunakan transportasi umum bukanlah hal yang mudah.

Untuk itu, sejumlah pemerintah di berbagai negara terus berupaya memperbaiki kualitas transportasi umum, tak terkecuali Indonesia.

Tory Damantoro, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengungkapkan tantangan pengembangan transportasi umum di Indonesia.

Baca juga: Orang Tua Harus Ingatkan Anaknya Pakai Helm Saat Dibonceng

“Pertama adalah konektivitas, karena tidak semua daerah itu mempunyai infrastruktur yang memadai,” ucap Tory, saat ditemui di kawasan Jakarta Barat, Kamis (6/12/2023).

Tantangan selanjutnya, kata Tory, adalah urbanisasi, di mana sebelumnya sudah diprediksi bahwa 70 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Sehingga angkutan umum di perkotaan menjadi agenda yang mendesak di mana saat ini masih memiliki banyak tantangan.

Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

“Urbanisasi saat ini tidak bisa dihindari, pusat-pusat kota tumbuh menjadi pusat kegiatan ekonomi dan sosial, jadi tekanan untuk mobilitas di urban area itu lebih tinggi. Sehingga angkutan umum sudah wajib kalau kita mau punya pusat pertumbuhan yang efisien,” kata Tory.

Baca juga: Ingat, Saat Mengendarai Motor Jangan Parkir Jari di Tuas Rem

Sebagai informasi, saat ini pemerintah juga mendukung penggunaan transportasi umum salah satunya dengan menerapkan pembatasan kendaraan pribadi di jalan raya. Hal ini dilakukan dalam rangka mengatasi polusi udara yang semakin memburuk, terutama di wilayah DKI Jakarta.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebelumnya juga menjelaskan ada peningkatan penjualan kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor. Peningkatan tersebut juga dirasa cukup signifikan, yakni sebesar 18 persen, sehingga diperlukan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com