Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Foto Suzuki Jimny 5-Pintu Lagi Seliweran di Jalanan Jakarta

Kompas.com - 08/12/2023, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, warganet di media sosial dibuat heboh dengan beredarnya foto Suzuki Jimny 5-pintu yang tertangkap kamera sedang melaju di jalan raya. SUV ini diduga masuk melalui tangan importir umum.

Untuk diketahui, Jimny 5-pintu resmi meluncur di India pada pertengahan Januari 2023. Peluncurannya dilakukan oleh Maruti Suzuki, bertepatan dengan Auto Expo 2023 di Delhi.

Baca juga: Daihatsu Lagi Menyiapkan Pesaing Suzuki Jimny

Terkait foto yang beredar di media sosial, diambil dan diunggah oleh pemilik akun Instagram @fikrialifansyah pada Kamis (7/12/2023). Fikri mengatakan, dia mengambil foto tersebut ketika tak sengaja berpapasan.

Suzuki Jimny 5-pintu tertangkap kamera sedang melaju di jalan raya di Jakarta yang diyakini masuk ke Indonesia melalui importir umumDok. @fikrialifansyah Suzuki Jimny 5-pintu tertangkap kamera sedang melaju di jalan raya di Jakarta yang diyakini masuk ke Indonesia melalui importir umum

"Iya, tadi kebetulan saya dari arah Bintaro menuju Emerald Bintaro. Pas di lampu merah, sadar kalau itu Suzuki Jimny JB74 pada umumnya," ujar Fikri kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Tapi, pas sudah lampu hijau, saya perhatikan ulang, kok rada aneh melihat jumlah pintunya. Ternyata memang JB74 versi long. Kebetulan, saya lihat dari dudukan pelat nomor, ada sticker Ivan's Motor. Namun, tidak sempat foto sisi depan mobil tersebut," kata Fikri.

Baca juga: Modifikasi Suzuki Jimny Jadi Pikap

Fikri menambahkan, dia menduga mobil tersebut datang dari importir umum. Sebab, terdapat sticker Ivan's Motor, yang memang merupakan importir umum mobil-mobil mewah.

Suzuki Jimny 5-DoorsDoc Carscoops Suzuki Jimny 5-Doors

Menanggapi foto yang viral tersebut, Head of Brand Development & Marketing Research 4W Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan jika mobil tersebut datang dari importir umum.

"Tidak apa-apa, itu adalah kesempatan bisnis yang dimiliki oleh sebuah importir umum. Kalau dia memasukkan produk Suzuki, itu sama saja secara tidak langsung memasarkan produk Suzuki. Jadi, tidak ada isu yang terlalu berat mengenai ini," ujar Harold.

Suzuki Jimny 5-DoorsDoc Carscoops Suzuki Jimny 5-Doors

"Kalau dari kita, pasti kita akan secepatnya untuk bisa mengenalkan produk tersebut. Sebab, impor Jimny sangat tinggi di Indonesia. Jadi, segala sesuatunya harus dipersiapkan untuk Jimny 5-pintu ini," kata Harold.

Bicara soal Jimny 5-pintu, secara tampilan mobil ini memiliki desain yang mirip dengan versi sebelumnya. Hanya saja, mobil ini memiliki dimensi yang lebih panjang hingga 340 mm dibandingkan Jimny 3-pintu.

Baca juga: Ke Luar Negeri Sekarang Bisa Naik Bus DAMRI, Tarif Rp 300.000

Suzuki Jimny 5-DoorsDoc Carscoops Suzuki Jimny 5-Doors

Untuk dapur pacunya, mobil ini juga dibekali dengan mesin 1.5 L, naturally aspirated, yang mampu menghasilkan tenaga 130 tk dan torsi 134 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis enam percepatan.

Suzuki juga sudah membekali Jimny 5-pintu dengan sistem penggerak semua roda alias All Wheel Drive (AWD) AllGrip Pro Suzuki. Dengan sistem tersebut, memungkinkan mobil ini sanggup melibas medan off road yang ekstrem sekali pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com