Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC Bergulir Maret 2024

Kompas.com - 07/12/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terakhir berlangsung ketika pandemi Covid-19 sedang merebak pada Maret 2020, pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) rencananya akan kembali hadir pada 7-10 Maret 2024.

GIICOMVEC 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, diyakini akan kembali memperkuat pertumbuhan industri kendaraan bermotor komersial.

Seperti diketahui, saat pandemi tahun 2020, pangsa pasar kendaraan komersial mengalami penurunan cukup dalam, dan mulai bangkit perlahan pada tahun 2021 dengan perolehan 227.396 unit.

Baca juga: Bocoran Mobil Baru Honda yang Meluncur Besok

Salah satu booth di dalam pameran GIICOMVEC 2018KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Salah satu booth di dalam pameran GIICOMVEC 2018

Seiring membaiknya kondisi perekonomian nasional, pada tahun lalu pasar kendaraan komersial mengalami peningkatan sekitar 16,3 persen. Lalu, pada akhir 2023 penjualan kendaraan komersial diprediksi akan kembali mencatat angka positif.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, pihaknya yakin GIICOMVEC dapat meningkatkan penjualan kendaraan bermotor komersial secara nasional.

"GIICOMVEC juga menjadi sebuah bentuk komitmen GAIKINDO untuk terus memberikan edukasi tentang inovasi terkini yang berfokus pada pengurangan emisi gas buang dan penggunaan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan bermotor komersial," ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, dalam keterangan tertulis (6/12/2023).

Baca juga: Mobil Mau Ditinggal Lama, Lakukan Ini supaya Aki Tidak Soak

Pameran yang berlangsung setiap dua tahun sekali ini, merupakan sebuah platform unggulan untuk tren dan inovasi terkini dalam sektor industri kendaraan komersial.

GIICOMVEC 2024 akan menyasar key buyers dari berbagai lini industri, termasuk di antaranya Operator bus, truk dan perusahaan logistik, perusahaan ritel, operator tur & perjalanan, perusahaan pertambangan, minyak, gas, dan energi.

Kemudian, juga perusahaan konstruksi, jasa keuangan dan asuransi, barang konsumsi, hingga restoran, kafe, dan layanan katering.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Baru Jelang Akhir Tahun, mulai Rp 134 Juta

Toyota Rangga Concept jadi cafe Tuku berjalanKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Toyota Rangga Concept jadi cafe Tuku berjalan

"Pada pelaksanaannya kali ini, Kami akan hadirkan peserta internasional untuk menambah semarak dari industri pendukung kendaraan bermotor komersial,” ucap Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah, pada kesempatan yang sama.

“Kami telah mempersiapkan area khusus pada Cendrawasih Hall JCC yang akan diisi oleh peserta pameran internasional tersebut," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com