Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Spesifikasi Motor Listrik Konversi Rp 4 Juta, Termurah di Indonesia | Benarkah Makin Encer Oli Mesin Lebih Bagus?

Kompas.com - 03/12/2023, 07:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nagara Sains Ekosistem menjadi pemain baru yang turut meramaikan program elektrifikasi Nasional, dengan menghadirkan paket konversi motor listrik murah seharga Rp 4 juta.

Biaya tersebut merupakan hasil potongan setelah dipangkas subsidi konversi dari Pemerintah senilai Rp 10 juta, dan layak diterima oleh semua masyarakat.

Selain itu, kualitas oli mesin dapat bervariasi antara merek dan jenis oli yang berbeda, standarnya bisa dilihat dari API Service, dan bahan dasar oli umumnya ada tiga, sintetis, semi sintetis, atau mineral.

Saat ini oli mesin berkualitas yang ada di pasaran umumnya memiliki viskositas (tingkat kekentalan) rendah alias encer.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 2 Desember 2023:

1. Spesifikasi Motor Listrik Konversi Rp 4 Juta, Termurah di Indonesia

Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 jutaKompas.com/Daafa Alhaqqy Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 juta

Pihak Nagara menjelaskan, pemberian subsidi juga merupakan bukti bahwa perusahaan teknologi lokal asal SCBD, Jakarta Selatan, ini telah memenuhi standardisasi Kementerian ESDM.

Muhammad Bagas Kamal, Lead Engineer Nagara menjelaskan, biaya konversi tersebut diklaim sebagai yang paling murah di Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Konversi Rp 4 Juta, Termurah di Indonesia

2. Benarkah Makin Encer Oli Mesin Lebih Bagus?

Festival ganti oli massal dari PertaminaIST Festival ganti oli massal dari Pertamina

Pasalnya, oli encer menjadi tren untuk mobil modern karena memang sesuai kebutuhan mesin. Kondisi ini lantas membuat masyarakat beranggapan semakin encer oli maka semakin berkualitas.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, oli encer memang umumnya menjadi standar API Service yang tinggi. Namun, tingkat keencerannya tidak bisa jadi patokan standar kualitas.

Baca juga: Benarkah Makin Encer Oli Mesin Lebih Bagus?

3. Hitung Biaya Perawatan Hyundai Stargazer X Hingga 75.000 Km

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Hyundai Stargazer X memiliki desain eksterior yang futuristik dan interior yang modern. Fitur yang disematkan juga tidak kalah dari rival-rival di kelasnya.

Pada artikel sebelumnya, redaksi Kompas.com yang mengetes Stargazer X tipe Prime dengan captain seat, sudah membahas mengenai performa mesin dan konsumsi BBM.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Hyundai Stargazer X Hingga 75.000 Km

4. Korlantas Pensiun, Agenda Keselamatan Dipastikan Tetap Berjalan

Acara Gebyar keselamatan 2023 gelaran Korlantas PolriKompas.com/Daafa Alhaqqy Acara Gebyar keselamatan 2023 gelaran Korlantas Polri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com