Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Perbandingan Harga BBM | Paket Konversi Motor Listrik Murah | Kakorlantas Polri Irjen Firman Pensiun

Kompas.com - 02/12/2023, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbandingan harga BBM di SPBU menjadi berita terpopuler pada awal Desember 2023. Tak sedikit pula yang penasaran dengan paket konversi motor listrik murah, dengan banderol Rp 4 juta.

Selain itu, berita tentang pensiunnya Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi juga membuat banyak pembaca penasaran. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (1/12/2023):

1. Perbandingan Harga di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP

Ilustrasi SPBU Shell. SHUTTERSTOCK/PATCHARAPORN PUTTIPON4289 Ilustrasi SPBU Shell.

Jelang akhir tahun 2023 harga bahan bakar kendaraan kembali mengalami revisi. Namun kali ini bulan naik, mulai 1 Desember 2023 harga BBM mengalami penurunan.

PT Pertamina (Persero) contohnya kembali menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi seiring dengan fluktuasi harga minyak dunia.

Baca juga: Perbandingan Harga di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP

2. Ingat, Jangan Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan

Menyalakan lampu hazard saat hujan lebat sangat tidak dianjurkan, karena bisa membingungkan pengendara lainKOMPAS.com/daafa alhaqqy Menyalakan lampu hazard saat hujan lebat sangat tidak dianjurkan, karena bisa membingungkan pengendara lain

Musim hujan mulai melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Berkendara pada saat hujan deras tentu mengandung risiko yang lebih besar daripada kondisi cuaca cerah. Maka dari itu, kesiapan dan kewaspadaan pengemudi terhadap lingkungan berkendara harus diingatkan.

Sayangnya, salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan pengemudi di Indonesia saat hujan deras adalah dengan menyalakan lampu hazard. Apalagi ketika sedang berada di jalan tol, sering terlihat mobil kerap menyalakan lampu hazard padahal sedang berjalan, bukan berhenti.

Baca juga: Ingat, Jangan Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan

3. Paket Konversi Motor Listrik Murah, Cuma Rp 4 Juta

Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 jutaKompas.com/Daafa Alhaqqy Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 juta

PT Nagara Sains Ekosistem, perusahaan teknologi lokal asal SCBD, Jakarta Selatan, meluncurkan paket konversi motor listrik khusus skutik dengan banderol sangat murah.

Harga paket konversi yang ditawarkan oleh Nagara adalah Rp 4 juta, setelah menerima potongan subsidi dari pemerintah senilai Rp 10 juta.

Baca juga: Paket Konversi Motor Listrik Murah, Cuma Rp 4 Juta

4. Generasi Terbaru Hyundai Palisade Bakal Hadir dengan Desain Radikal

Hyundai Palisade terbaruDok. Carscoops.com Hyundai Palisade terbaru

Hyundai disebutkan sedang mempersiapkan generasi terbaru dari Palisade. SUV bongsor ini kabarnya akan memiliki ubahan desain yang radikal.

Sebelumnya, Hyundai sudah mengubah Santa Fe generasi terbaru dengan cukup drastis. Bahasa desain yang serupa kabarnya bakal diusung juga untuk Palisade.

Baca juga: Generasi Terbaru Hyundai Palisade Bakal Hadir dengan Desain Radikal

5. Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi Pensiun

Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menegaskan, pembayaran permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) hanya dilakukan melalui bank saja. Artinya, tidak ada lagi pembayaran dengan uang tunai (cash) di setiap tempat pembuatan uji SIM.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menegaskan, pembayaran permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) hanya dilakukan melalui bank saja. Artinya, tidak ada lagi pembayaran dengan uang tunai (cash) di setiap tempat pembuatan uji SIM.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menandatangani surat penyerahan jabatan Kakorlantas kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kamis (30/11/2023) di Jakarta.

Jenderal polisi bintang dua itu pensiun, dan otomatis sekarang ini jabatan Kakorlantas belum terisi. Kabarnya dalam waktu dekat Listyo Sigit akan mengeluarkan telegram Kapolri yang mengumumkan nama Kakorlantas baru.

Baca juga: Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi Pensiun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com