Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan, Ini Rekomendasi Oli Mesin untuk Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 01/12/2023, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil hybrid tidak hanya dibekali mesin berbahan bakar minyak tapi juga dinamo sebagai tenaga tambahan. Keduanya bisa bekerja secara bersamaan dan bergantian sesuai kebutuhan.

Mesin mobil hybrid dikabarkan membutuhkan oli khusus karena beban kerjanya lebih ringan dibandingkan dengan mesin konvensional.

Lantas, oli mesin apa yang direkomendasikan untuk Innova Zenix hybrid?

Technical Leader Nasmoco Demak, Eko Sulistyo mengatakan Innova Zenix memang membutuhkan oli mesin lebih encer demi mengejar efisiensi.

Baca juga: Ini Poin yang Harus Diperhatikan Saat Beli Innova Zenix Hybrid Bekas

TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Toyota Astra Motor TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

“Oli yang direkomendasikan untuk Innova Zenix baik hybrid atau bensin sama saja, yakni minimal SAE 5W sementara 0W lebih baik lagi,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Eko mengatakan Toyota menyediakan beberapa pilihan oli encer dengan SAE 0W yakni 0W-16 dan 0W-20. Oli tersebut cocok untuk mobil-mobil modern dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan produsen oli menyesuaikan kebutuhan pasar, memang mobil-mobil baru memiliki desain yang membutuhkan oli encer.

Baca juga: Innova Zenix Jadi Mobil Hybrid Bekas Paling Dicari Konsumen

Oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).Toyota Astra Motor Oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

“Asal muasalnya, oli-oli mesin dengan SAE encer menjadi tren bukan karena kebetulan, tapi itu sudah menjadi tuntutan pasar, masyarakat membutuhkan mobil yang serba efisien demi konsumsi bahan bakar yang hemat,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Dia mengatakan atas dasar tuntutan pasar itu lah pabrikan mobil mulai berlomba menciptakan mobil yang bisa irit bahan bakar. Salah satu langkahnya adalah dengan memperkecil kekentalan oli yang digunakan.

“Ketika mengaduk air dalam gelas, tentu rasanya tidak sama dengan mengaduk sirup di dalam gelas bukan? Di dalam penggunaan oli pada mesin juga memperhatikan aspek tersebut, sehingga sebisa mungkin mesin bisa menggunakan oli yang encer untuk mengurangi friksi,” ucap Brahma.

Baca juga: Penjualan Mobil Hybrid Naik Oktober 2023, Innova Zenix Mendominasi

Mesin Toyota Innova Zenix Bensindok TAM Mesin Toyota Innova Zenix Bensin

Sehingga, menurut Brahma produsen mobil meningkatkan teknologinya dalam merakit suatu mesin menjadi lebih presisi.

“Katakan jika sebelumnya satuan kepresisian mesin masih menggunakan milimeter, sekarang dituntut pakai satuan mikron, sehingga mesin menjadi lebih rapat, dan menghasilkan celah antar komponen lebih kecil, biar bisa menggunakan oli yang lebih encer,” ucap Brahma.

Jadi, oli yang direkomendasikan untuk Innova Zenix memang sudah diperhitungkan dengan matang menyesuaikan spesifikasi mesin yang efisien. Maka dari itu, oli yang digunakan juga harus mendukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com