Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Modifikasi IAM Siap Digelar Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 30/11/2023, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pameran dan kompetisi modifikasi mobil International Automodified (IAM) Jakarta siap digelar pada 2-3 Desember 2023 di Ecovention Ancol.

Mendapat dukungan utama dari Evoria dan Astra Daihatsu Motor (ADM), persinggahan terakhir di Indonesia dari seri gelaran bergengsi yang telah menjangkau Asia Tenggara, ini akan kembali menghimpun para modifikator, pelaku usaha bidang aftermarket, serta pehobi otomotif di Jakarta dan sekitarnya maupun Indonesia secara keseluruhan.

Gelaran Evoria IAM Jakarta 2023 akan melibatkan banyak insan otomotif, modifikator, klub atau komunitas, maupun workshop atau bengkel modifikasi. Tak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari kota lain seperti Bandung, Semarang dan Jogjakarta, hingga mancanegara seperti Singapura, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Modifikasi Suzuki Katana Jadi VW Safari, Siapkan Dana Rp 300 Juta

Pameran Indonesia Automotified (IAM) akan berlangsung akhir pekan ini di Ecovention AncolIAM Pameran Indonesia Automotified (IAM) akan berlangsung akhir pekan ini di Ecovention Ancol

“Tahun ini, kami senang dan berterima kasih, didukung banyak sekali komunitas otomotif, serta brand maupun sub-events otomotif maupun non-otomotif yang akan melengkapi ajang Evoria IAM Jakarta 2023,” ucap Aditya Pradhana, Project Director PT. HIN Promosindo, Kamis (30/11/2023).

Lebih rinci, pada area indoor, akan ada beberapa mobil yang akan tampil antara lain berasal dari workshop, kluba atau momunitas seperti Platinum, AT Motorsport x ACS, FD Squad, dan masih banyak lagi. Sementara di area semi-outdoor akan tampil mobil-mobil dari komunitas Sugardaddy, IPN, serta L.A.A.S.

Mobil-mobil yang tampil juga mengusung berbagai konsep modifikasi, diantaranya Stance Fitment, Street Racing, Racing, Rally, Off-road, VIP, Elegant, JDM, Classic, Retro, Exotic, hingga Performance.

Baca juga: Komentar Honda Lihat Debut Marquez bersama Ducati

Dalam hal kompetisi, penilaian atas modifikasi didasarkan kualitas dan kelengkapan modifikasi pada delapan sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio & Video, serta Presentation.

Selama dua hari event berlangsung, tim juri IAM berasal dari Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, dan Indonesia, akan menilai masing-masing mobil yang dipamerkan untuk memperebutkan lebih dari 150 awards.

Sementara itu, jenama bidang otomotif, otomotif aftermarket, maupun non-otomotif juga akan turut berpartisipasi di ajang IAM Jakarta 2023 ini.

Pameran Indonesia Automotified (IAM) akan berlangsung akhir pekan ini di Ecovention AncolIAM Pameran Indonesia Automotified (IAM) akan berlangsung akhir pekan ini di Ecovention Ancol

Dimulai dari Daihatsu Dressup e-Challenge 2023, yang merupakan kompetisi online mobile modifikasi satu-merek terbesar di Indonesia.

Walaupun bersifat online, khusus di IAM Jakarta 2023 akan dihadirkan secara nyata sejumlah pemenang maupun puluhan dari total 1.300 lebih peserta mobil modifikasi peserta DDeC, yang tersebar dari area indoor hingga outdoor Ecovention.

Sebagai informasi, penyelenggaraan IAM Jakarta 2023 ini merupakan kota ke-2 di Indonesia setelah Surabaya pada Mei lalu.

Kemudian untuk mancanegara, setelah sukses menggelar IAM Singapore dan IAM Kuala Lumpur di bulan Oktober, masih ada satu lagi kota yang akan segera disambangi, yaitu Bangkok, Thailand, pada tanggal 9 Desember 2023 mendatang.

Berbicara mengenai tahun 2024, selain Indonesia dan negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand, IAM International Automodified juga akan menyelenggarakan event di Amerika Serikat (AS).

“Seperti kita ketahui bersama, Amerika Serikat merupakan salah satu kiblat industri otomotif aftermarket dunia. Sebagai event yang berasal dari Indonesia, kami tentu sangat berbangga, dan memohon doa serta dukungan dari pelaku industri otomotif maupun non-otomotif di Indonesia atas diselenggarakannya IAM AS 2024” ucap Aditya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com