Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Wheel, Teknologi Baru Hyundai untuk Mobil Listrik

Kompas.com - 29/11/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai terus berinovasi mengembangkan mobil listrik. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan konsep bernama Uni Wheel yang membuat dinamo alias motor listrik jadi kecil.

Konsepnya sebetulnya mirip dengan motor hub di sepeda motor listrik. Jadi alih-alih menggunakan satu motor listrik besar buat menggerakkan roda, Uni Wheel menggunakan motor listrik di tiap roda.

Baca juga: Penyebab Oli Rembes di MINI Cooper

“Kami senang dapat menghadirkan ide-ide inovatif yang dapat mengubah permainan di pasar mobilitas masa depan,” kata Park Jong-sul, peneliti senior di Hyundai Motor Company dan Kia Advanced Technology Institute, dilansir dari Carscoops, Rabu (29/11/2023).

Dengan menggunakan motor di dalam roda, walau tenaga dari motor kecil tapi punya torsi cukup besar. Selain itu dengan memberi daya pada tiap roda secara individual maka dapat meningkatkan performa berkendara.

Daya yang dihasilkan motor listrik secara individual tiap roda tersebut juga bisa ditingkatkan dalam hal keamanan. Sebab tiap roda dapat merespons kondisi secara independen.

Hyundai terus berinovasi mengembangkan mobil listrik. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan konsep bernama Uni Wheel Foto: Carscoops.com Hyundai terus berinovasi mengembangkan mobil listrik. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan konsep bernama Uni Wheel

Keunggulan lain Uni Wheel karena roda gigi dapat bergerak di dalam hub sambil tetap mentransfer daya, sambungan antara roda dan motor tidak memerlukan sambungan apapun lainnya.

Baca juga: Berlaku Dalam Waktu Dekat, Cek Tarif Baru Tol JORR 1, Pondok Aren-Ulujami, dan ATP

Hyundai mengatakan bahwa Uni Wheel dapat digunakan di roda berukukan minimal lingkar empat inci hingga ukuran 25 inci untuk kendaraan yang lebih besar untuk mobil SUV.

Meski demikian Hyundai belum memberikan bocoran kapan Uni Wheel akan siap memasuki produksi. Namun diketahui Hyundai telah mengajukan paten di Korea, Eropa, dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com