Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Ubahan Minor, Bagaimana Sensasi Berkendara Terios Facelift?

Kompas.com - 29/11/2023, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara keseluruhan, penyegaran yang dilakukan Daihatsu pada Terios tak menyinggung sektor dapur pacunya. Artinya, urusan mesin masih sama dengan sebelumnya.

Berdasarkan data spesifikasi, Terios mengusung mesin dengan kode 2 NR-VE Euro IV DOHV, Dual VVT-i.

Dapur pacu dengan kapasitas 1.496 cc tersebut, diklaim mampu memproduksi tenaga 104 Ps atau 102,5 Tk dan torsi 136 Nm di putaran 4.200 rpm.

Karena mesin yang masih sama seperti sebelumnya, tak heran soal sensasi berkendara yang ditawarkan Terios facelift kali ini juga tak mengalami perubahan.

Baca juga: Bedah Interior Terios Facelift Varian Tertinggi, Apa Saja yang Baru?

Pada putaran bawah, setelah tuas dipindahkan ke posisi D, kesan responsifnya waktu pertama mulai berjalan masih terasa kurang. Hal ini memang sudah menjadi salah satu keluhan umum pada Terios.

Daihatsu Terios faceliftKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu Terios facelift

Faktornya bisa jadi karena masih mengusung sistem penggerak roda belakang, sehingga putaran awal tak secepat mobil penggerak roda depan.

Meski lamban di bawah, tapi ketika mencapai putaran tengah, tenaganya lumayan terasa, terutama ketika rpm sudah bermain di atas 4.500.

Baca juga: Spesifikasi Pikap Toyota Rangga Concept alias Hilux Champ

Terkait suspensi, menurut redaksi setelah menjajal beberapa hari terasa empuk. Meski mengejar kenyamanan, tapi di lain sisi membuat mobil terasa mengayun, terutama ketika berada di kecepatan tertentu dengan bobot penumpang yang minim.

Sedangkan untuk perpindahan gigi dari sistem transmisi otomatis konvensional (AT) yang masih digunakan, sejauh ini tidak ada masalah. Karakternya masih sama dengan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com