Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Replika Porsche 64 Berlin Rome yang Terbuat dari Bahan Aluminium

Kompas.com - 28/11/2023, 12:42 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Tren kustomisasi kini menjadi sorotan utama dalam berbagai industri, mulai otomotif hingga teknologi. 

Kustomisasi memberikan kesempatan bagi individu untuk mengekspresikan kreativitas dan menciptakan produk yang unik sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Akan tetapi, harus tetap memenuhi syarat laik jalan dan keselamatan berkendara.

Yudi Motor Sport (Yumos) Garage merupakan salah satu bengkel restorasi di Semarang, Jawa Tengah yang berkreasi membuat replika mobil langka contohnya Porsche 64 Berlin Rome.

Sebagai informasi, Porsche 64 Berlin Rome merupakan mobil langka yang dirancang oleh Ferdinand Porsche dan hanya ada tiga unit saja di dunia.

 Baca juga: Kemenhub Mulai Lakukan Sosialisasi Aturan Kustomisasi

Bengkel spesialis restorasi VW Yumos garage yang ada di Semarang.KOMPAS.com/ SELMA AULIA Bengkel spesialis restorasi VW Yumos garage yang ada di Semarang.

Wahyu Pamungkas (Yudi) pemilik Yumos Garage ini mengatakan, saat ini bengkelnya sudah memproduksi empat unit replika mobil klasik Porsche 64 Berlin Rome.

Porsche 64 Berlin Rome menjadi salah satu mobil replika yang dia kerjakan, dibuat dengan bahan full aluminium bahkan setiap detail bodi maupun aksesori kendaraan begitu dipertimbangkan.

Sementara, Kevin pengawas lapangan Yumos Garage menceritakan, pembuatan replikasi Porsche 64 Berlin Rome membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Aturan Kustomisasi Kendaraan Bermotor Mulai Sosialisasi

Bengkel spesialis restorasi VW Yumos garage yang ada di Semarang.
KOMPAS.com/ SELMA AULIA Bengkel spesialis restorasi VW Yumos garage yang ada di Semarang.

“Karena Porsche 64 Berlin Rome ini pesanan dari luar negeri kita minta blueprintnya. Baru kita buat molding menggunakan kayu,” ucap Kevin kepada Kompas.com, Senin (28/11/2023).

Proses pembuatannya membutuhkan waktu hingga dua tahun dari awal sampai jadi Porsche 64 Berlin Rome dan kemudian dikirim. Selain itu, meski mobil replika namun persis dengan aslinya karena menggunakan blueprint tersebut.

Sebagai informasi, Porsche 64 Berlin Rome ini dibuat dengan sasis VW Kodok tahun 1960, mengingat mobil aslinya memang dari VW Kodok tahun 1939.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com