Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Honda Jazz Parkir Setahun di Pinggir Jalan, Ini Efek Mobil Parkir Terlalu Lama

Kompas.com - 21/11/2023, 18:46 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Honda Jazz viral di media sosial karena sudah lebih dari satu tahun terparkir di Jalan Medoho, Kota Semarang, Jawa Tengah. Warga yang terganggu kemudian minta mobil dipindahkan.

Sejumlah warga meminta mobil Honda Jazz warna perak tersebut meminta untuk dipindahkan karena mengganggu lalu-lintas di lokasi pada saat jam sibuk.

Baca juga: Daftar Pemenang Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023

Kepala Bidang Pengendalian dan Pentertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Dody Febrianto telah menerjunkan petugas untuk menindaklanjuti kejadian yang viral itu.

"Menurut informasi itu dulunya mobil anggota Polda Jateng," kata Dody, saat dikonfirmasi via telepon, Senin (20/11/2023), dilansir dari Regional Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Kalau dilihat dari kondisinya mobil sudah terpanggang matahari cukup lama. Eksterior berdebu dengan bagian belakang di bagasi sedikit bekas penyok.

CEO Makko Group, Christopher Sebastian mengatakan, jangankan mobil yang terjemur selama satu tahun, mobil yang sering terjemur selama tiga bulan di bawah terik matahari langsung saja warna cat pasti akan pudar.

"Jadi untuk mobil mobil terjemur, kita jangan bicara setahun untuk mobil tiga sampai enam bulan saja untuk warna solid, kalau terjemur itu akan luntur. Saya pernah merasakan mobil saya warna merah jadi pink," kata Christoper kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Kedua kata Christoper, selain warna cat luntur ujung panel-panel pintu akan mudah rusak.

Baca juga: Skema Kredit Hyundai Ioniq 5, Uang Muka mulai Rp 85 Jutaan

Parkir liar di depan Kopi Nako Yasmin Bogor KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Parkir liar di depan Kopi Nako Yasmin Bogor

"Kedua untuk panel pintu, antara kaca dengan kaca biasanya ada putih-putihnya ada flek, berkabut, jadi rusak panel pintunya terkena paparan sinar matahari," ujarnya.

Terakhir katanya paparan matahari langsung akan merusak material dashboard.

"Ketiga di interior pasti dashoard. Jangankan mobil yang sering dijemur, mobil dengan tahun kurang lebih 2015 ke bawah saja biasanya dashboard sudah rusak, misal saat dipegang sudah lembek, jadi coak," katanya.

Baca juga: United Serahkan Ratusan Motor Listrik T1800 ke Disbud Badung

Model wiper frameless Dicky Aditya Wijaya Model wiper frameless

Sebelumnya, Christopher juga mengatakan, mobil yang sering terjemur akan membuat kulit pelapis jok jadi rusak, apalagi jika yang dipakai bukan kulit asli melainkan kulit sintetis.

“Dampaknya langsung kepada eksterior mobil yang menjadi kusam. Lalu berlanjut ke bagian interior, terutama pada bagian soft touch seperti kulit sintesis. Biasanya, bagian tersebut akan pecah,” ujarnya.

Christopher mengatakan ketika ingin meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama, pilih tempat parkir yang memiliki atap, namun bila terpaksa menaruh mobil di bawah matahari gunakan penutup atau cover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com