Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Garansi Seumur Hidup Wuling Binguo EV Bisa Gugur

Kompas.com - 20/11/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Binguo EV baru sekadar diperkenalkan. Dalam masa perkenalannya ini, Wuling Motors akan memberikan garansi seumur hidup bagi para pemesan. Namun, garansi ini juga bisa gugur.

Binguo EV hadir dalam dua varian yang dibedakan berdasarkan jarak tempuhnya, yakni 333 km dan 410 km. Untuk varian 410 km, Wuling memberikan Lifetime Core EV Components Warranty untuk 1.000 pemesan pertama selama periode pre-book.

Baca juga: Mau Pesan Wuling BinguoEV, Bayar Rp 5 Juta Garansi Seumur Hidup

Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling Motors, mengatakan, komitmen Wuling untuk mobilitas ramah lingkungan diwujudkan tidak hanya melalui lini kendaraan listrik terbarunya, tapi juga dengan memberikan kemudahan kepada konsumen terkait kepemilikannya.

Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Wuling Binguo EV

"Untuk itu, dalam masa pre-book Binguo EV, kami memberikan benefit berupa Lifetime Core EV Component Warranty yang merupakan garansi komponen EV lifetime pertama di Indonesia yang diberikan produsen mobil listrik kepada konsumen," ujar Maulana, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Garansi seumur hidup diberikan kepada komponen-komponen inti kendaraan listrik, salah satunya power battery yang merupakan salah satu bagian paling penting dalam kendaraan listrik.

Baca juga: Mengapa Wuling Pakai Nama Binguo EV, Berbeda dengan di China?

Selain itu, komponen penting lainnya yang termasuk dalam program garansi seumur hidup ini adalah drive motor, termasuk integrated motor assembly, dan motor control unit. Komponen-komponen tersebut saling berkaitan dalam menghasilkan tenaga dan menggerakan roda kendaraan listrik.

Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Wuling Binguo EV

Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku yang perlu diperhatikan oleh konsumen. Sebab, jika melanggar salah satunya, maka garansi seumur hidup tersebut tidak akan berlaku.

Berikut ini syarat dan ketentuannya:
1. Berlaku hanya untuk pemilik mobil baru
2. Mobil tidak dikendarai lebih dari 30.000 km per tahun
3. Komponen yang ditanggung hanya baterai, motor control unit, dan drive motor
4. Mobil digunakan untuk kebutuhan pribadi, bukan operasional perusahaan atau kebutuhan komersial
5. Perawatan selalu dilakukan secara berkala di bengkel resmi Wuling
6. Pemilik hanya menggunakan suku cadang asli Wuling, untuk perbaikan dan perawatan
7. Garansi ini tidak berlaku jika baterai, drive motor, dan motor control unit dimodifikasi, terjadi tabrakan, kebanjiran, kebakaran, atau kecelakaan lainnya yang menyebabkan komponen tersebut rusak

Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Wuling Binguo EV

Dengan kata lain, garansi akan diberikan ketika komponen mengalami kerusakan akibat usia pakai atau pemakaian normal. Selain itu, jika terjadi kerusakan akibat kesalahan produksi.

Wuling juga memberikan beberapa benefit lainnya selama periode pre-book yang termasuk dalam Electric Icon Pack untuk Binguo EV varian 410 km.

Keuntungan tersebut terdiri dari gratis AC Charging Device berdaya 7,7 kW, gratis biaya perawatan berkala hingga 5 tahun atau 50.000 kilometer, voucher listrik periode dua tahun dengan nilai Rp 4.000.000, hingga aksesori berupa storage box, kaca film dan karpet untuk konsumen yang melakukan pemesanan. Total benefit yang didapat konsumen pre-book mencapai Rp 47 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com