Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Hilangkan Ngelitik pada Mesin Avanza

Kompas.com - 17/11/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Ngelitik merupakan bunyi ketukan yang timbul saat mobil dioperasikan bersumber dari mesin. Suara ini wujud dari adanya getaran akibat pembakaran tidak sempurna.

Maka dari itu, ngelitik bisa muncul pada banyak jenis mobil mesin bensin termasuk Toyota Avanza. Terlebih lagi pengguna kerap mengabaikan peawatan rutin yang dijadwalkan.

Meski demikian, pengguna Avanza tidak perlu khawatir karena ngelitik ini bisa diobati dengan cukup mudah dengan melakukan beberapa perawatan. Simak penjelasan ahli berikut!

Baca juga: Daftar Harga Toyota Avanza Bekas, mulai Rp 68 Jutaan

Modifikasi Toyota AvanzaPhoto by alfin.photoworks Modifikasi Toyota Avanza

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan ngelitik pada Avanza bisa diobati dengan melakukan beberapa perawatan, terutama pembersihan ruang bakar.

“Biasanya ngelitik akan sembuh dengan melakukan pembersihan ruang bakar, gurah mesin atau carbon cleaner, karena umumnya ngelitik disebabkan oleh kotoran yang mengganggu pembakaran, namun ada perawatan lain yang juga berpengaruh,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Selain pembersihan ruang bakar, Muchlis mengatakan perlu dipastikan bahan bakar yang digunakan untuk Avanza sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Baca juga: Avanza Nyaris Adu Banteng dengan Motor, Ingat Bahaya Menyalip di Marka Garis Tidak Putus

Test drive mobil bekas All New Toyota Avanza milik mobil88Kompas.com/Donny Test drive mobil bekas All New Toyota Avanza milik mobil88

“Mesin-mesin terbaru minimal menggunakan bensin dengan RON minimal 92 seperti Pertamax, pastikan juga sistem bahan bakar, mulai dari strainer filter tangki bahan bakar, tekanan pompa bahan bakar, filter, dan injektor tidak tersumbat,” ucap Muchlis.

Selain sistem bahan bakar harus baik, Muchlis juga mengatakan udara yang masuk ke ruang bakar harus lancar dengan memastikan saringan bersih, tidak ada kotoran menumpuk pada throttle body dan saluran masuk.

“Pengapian juga berpengaruh, sehingga Avanza lawas atau pun modern wajib melakukan servis rutin, karena dengan servis maka semua elemen tersebut selalu diperiksa dan dipastikan dalam kondisi prima, sehingga ngelitik bisa dihindari,” ucap Muchlis.

Baca juga: Penjualan Low MPV Turun, Avanza-Xpander Masih Bersaing

Sementara itu, Muchlis menyarankan servis rutin dilakukan setiap enam bulan atau setelah menempuh jarak 5.000 Km atau setiap kali penggantian oli mesin. Sedangkan pembersihan ruang bakar atau gurah mesin bisa dilakukan setiap 10.000 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com