Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jorge Martin Bertekad Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP 2023

Kompas.com - 17/11/2023, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP 2023 hanya menyisakan dua seri, yakni MotoGP Qatar yang akan dilaksanakan akhir pekan ini di Sirkuit Losail dan MotoGP Valencia yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo.

Persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023 pun semakin ketat. Francesco Bagnaia saat ini masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2023, tapi hanya terpaut 14 angka dari Jorge Martin yang menempati urutan kedua.

Dengan dua seri tersisa, tentu masih sangat mungkin untuk Martin mengejar ketinggalan 14 poin. Terlebih Martin memiliki tekad besar untuk memperebutkan gelar juara dunia 2023.

Baca juga: Tiptip, Platform Digital buat Bikin Acara Komunitas Otomotif

“Saya ingin dan perlu mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya di Qatar agar peluang saya meraih gelar juara di balapan terakhir lebih baik dibandingkan hari ini,” ucap Martin, dikutip dari Speedweek, Jumat (17/11/2023).

“Tujuan besar saya adalah bisa memperjuangkan gelar di Valencia. Saya menyukai rute ini dan meraih kemenangan balapan Kejuaraan Dunia pertama saya di sana pada tahun 2017,” lanjutnya.

Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin memegang piala medali usai memenangi Sprint Race MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (14/10/2023). Jorge Martin berhasil menjuarai Sprint Race dengan catatan waktu 19 menit 49,711 detik disusul pembalap Mooney VR46 Racing Team  Luca Marini dan Marco Bezzecchi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin memegang piala medali usai memenangi Sprint Race MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (14/10/2023). Jorge Martin berhasil menjuarai Sprint Race dengan catatan waktu 19 menit 49,711 detik disusul pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini dan Marco Bezzecchi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

Meski begitu, ada sedikit kekhawatiran yang menghampiri pebalap asal Spanyol itu, yakni terkait aturan tekanan ban.

Seperti diketahui Martin terkena teguran karena melanggar batas aturan tekanan ban. Rider tim satelit Ducati itu mendapat teguran dari MotoGP Stewards.

Namun, jika Martin diketahui melanggar aturan tersebut, maka akan dikenakan penalti tiga detik. Dengan hukuman tersebut, tentu bisa saja membuat posisinya merosot jauh.

“Ini adalah masalah yang rumit dan merupakan masalah di Sepang. Anda bisa merasakan perbedaan besar. Namun seperti yang Pecco katakan, kami tidak akan mengambil risiko apa pun saat ini,” kata Martin.

Baca juga: Elders Garage Klaim Penyaluran Motor Listrik Konversi Sudah 500 Unit

Sebagai informasi, rangkaian latihan bebas MotoGP Qatar bakal digelar mulai hari ini (17/11/2023), dilanjutkan dengan sesi latihan, free practice 2 (FP2) dan kualifikasi yang akan digelar pada Sabtu (18/11/2023).

Sedangkan sprint race akan digelar pada Minggu (19/11/2023) dini hari, begitupun dengan balapan utama yang akan digelar pada Senin (20/11/2023) dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com