Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Pastikan XForce Hybrid Dijual di Indonesia

Kompas.com - 17/11/2023, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan XForce Hybrid masuk dalam salah satu daftar produk kendaraan berpenumpang yang akan dipasarkan di Tanah Air.

Keputusan tersebut seiring dengan upaya perseroan untuk ikut berkontribusi dalam menanggulangi polusi udara di dunia melalui kehadiran kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Demikian dikatakan Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita dalam konferensi pers Roll Out Ceremony Mitsubishi XForce di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: 3.000 Unit Mitsubishi XForce Dikirim Tahun Ini, Siapa yang Dapat?

Mitsubishi XForceKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mitsubishi XForce

"Seperti dilihat dari pengumuman Mitsubishi sebelumnya, Xpander Hybrid akan hadir di Thailand karena adanya kebijakan pajak yang menguntungkan sehingga harganya lebih murah dibandingkan mobil konvensional," kata dia.

"Di Indonesia, sejujurnya kami mau lihat dulu kondisi pasarnya. Kompetitor memang sudah sudah lebih dulu memperkenalkan kendaraan hybrid di segmennya XForce dan kami berupaya untuk mempelajari itu," lanjutnya.

"Kami siap memperkenalkan Compact SUV Hybrid di masa depan untuk Indonesia," ucap Kurita lagi.

Hanya saja dalam kesempatan tersebut, Kurita masih belum bisa memastikan waktu kehadiran XForce Hybrid.

Baca juga: Mitsubishi XForce Siap Dikirim ke Luar Negeri Februari 2024

Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.Dok. MMKSI Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.

Tapi, menurut Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Tetsuhiro Tsuchida, besar kemungkinan setelah debut dari Xpander Hybrid yang rencananya berlangsung pada semester I/2024 mendatang.

Ia juga menyebutkan bahwa Indonesia bukan negara pertama yang mendatangkan atau memasarkan produk dimaksud, melainkan Thailand. Mengingat hingga saat ini, pemerintah RI belum bergerak untuk memberikan insentif untuk mobil berteknologi hybrid.

"Pengembangan XForce Hybrid itu sudah ada menu-nya. Tetapi Indonesia tidak ada insentif seperti Thailand sehingga harga jualnya tentu akan lebih mahal," kata dia dalam kesempatan terpisah.

"Namun melihat perkembangan pasar, kita harus pertimbangkan juga. Saya sendiri belum tau kapan (peluncuran), tapi sepertinya bisa juga satu rangkaian (berbarengan atau tidak lama setelah Xpander Hybrid)," tambah Tetsuhiro.

Baca juga: Thailand Lebih Dulu Dapat Xpander Hybrid, Ini Penjelasan Mitsubishi

Mobil sport utility vehicle (SUV) anyar Mitsubishi XFORCE besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.Dok. MMKSI Mobil sport utility vehicle (SUV) anyar Mitsubishi XFORCE besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Sebelumnya, Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Hiroshi Nagoka mengatakan bahwa kemungkinan untuk diluncurkannya XForce Hybrid untuk pasar Indonesia sangat besar.

Namun, rencana itu baru akan terealisasi setelah permintaan atas kendaraan hybrid di Indonesia mencapai level keekonomian (economic of scale). Ia khawatir, masyarakat belum bisa menerima dengan baik teknologi tersebut karena populasinya belum banyak.

“Setelah melihat peningkatan penjualan kendaraan hybrid kian naik, Mitsubishi akan mempertimbangkan pembuatan XForce hybrid di Indonesia,” ucap Hiroshi dalam konferensi pers di GIIAS 2023 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com