Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan ke AS, Jokowi Diantar Pakai Chevrolet Suburban

Kompas.com - 15/11/2023, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo baru-baru ini melakukan kunjungan ke Amerika Serikat (AS) untuk pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden.

Ada yang menarik dalam kunjungan tersebut, di mana Jokowi dijemput menggunakan Sport Utility Vehicle (SUV) ikonik antipeluru AS, Chevrolet Suburban.

Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden RI, Selasa (14/11/2023), tampak mobil yang Chevrolet yang digunakan merupakan Chevrolet Suburban 3500HD generasi ke-11 dengan ciri khas lampu besar yang bertumpuk.

Baca juga: PO Mutiara Abadi Rilis Bus Pariwisata, Punya Fasilitas Smoking Area

Secara tampilan eksterior, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan versi standar. Namun, tidak diketahui secara pasti spesifikasi SUV bongsor asal Amerika yang digunakan oleh Jokowi, mengingat mobil tersebut merupakan kendaraan Secret Service AS.

Presiden RI Joko Widodo dijemput menggunakan Chevrolet Suburban saat tiba di AStangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden Presiden RI Joko Widodo dijemput menggunakan Chevrolet Suburban saat tiba di AS

Meski demikian, Chevrolet Suburban 3500 HD ini sudah mendapatkan modifikasi khusus  dengan sejumlah piranti keamanan tingkat tinggi, seperti lapis baja dan jendela anti peluru yang bisa menahan tembakan senjata. Ini terlihat dari ketebalan pintu yang berbeda dengan tipe standar.

Dipercaya kalau kemampuan defensif Suburban ini setara dengan The Beast yang notabene mobil kepresidenan AS. SUV heavy duty ini juga kerap digunakan sebagai kendaraan operasional wakil presiden AS di negaranya.

Baca juga: Akibat Mobil Jarang Isi BBM Full Tank

Bicara soal jantung pacu, dilansir dari GM Authority, Chevrolet Suburban HD dibekali mesin L96 V8 Vortec 6.000 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 360 hp pada 5.400 rpm dan torsi 380 lb-ft (515 Nm) pada 4.200 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan dengan penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com