Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunjungan ke AS, Jokowi Diantar Pakai Chevrolet Suburban

Ada yang menarik dalam kunjungan tersebut, di mana Jokowi dijemput menggunakan Sport Utility Vehicle (SUV) ikonik antipeluru AS, Chevrolet Suburban.

Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden RI, Selasa (14/11/2023), tampak mobil yang Chevrolet yang digunakan merupakan Chevrolet Suburban 3500HD generasi ke-11 dengan ciri khas lampu besar yang bertumpuk.

Secara tampilan eksterior, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan versi standar. Namun, tidak diketahui secara pasti spesifikasi SUV bongsor asal Amerika yang digunakan oleh Jokowi, mengingat mobil tersebut merupakan kendaraan Secret Service AS.

Meski demikian, Chevrolet Suburban 3500 HD ini sudah mendapatkan modifikasi khusus  dengan sejumlah piranti keamanan tingkat tinggi, seperti lapis baja dan jendela anti peluru yang bisa menahan tembakan senjata. Ini terlihat dari ketebalan pintu yang berbeda dengan tipe standar.

Dipercaya kalau kemampuan defensif Suburban ini setara dengan The Beast yang notabene mobil kepresidenan AS. SUV heavy duty ini juga kerap digunakan sebagai kendaraan operasional wakil presiden AS di negaranya.

Bicara soal jantung pacu, dilansir dari GM Authority, Chevrolet Suburban HD dibekali mesin L96 V8 Vortec 6.000 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 360 hp pada 5.400 rpm dan torsi 380 lb-ft (515 Nm) pada 4.200 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan dengan penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD).

https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/15/072200115/kunjungan-ke-as-jokowi-diantar-pakai-chevrolet-suburban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke