Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Performa Honda CRF250 Rally, Konsumsi BBM Tembus 40 Kpl

Kompas.com - 13/11/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CRF250 Rally menjadi model yang bisa jadi pilihan di segmen motor petualang 250cc. Berbeda dari para pesaingnya, CRF250 Rally lebih ke arah motor trail daripada ke router jarak jauh.

Pada bagian dapur pacu pun cukup unik pilihan mesinnya, 249,6cc satu silinder DOHC dengan pendingin cairan. Daya maksimum yang keluar ada di angka 25,3 TK di 8.500 RPM dan torsi 23,1 Nm di 6.500 RPM.

Soal performanya, mesin CRF250 Rally menurut kami cukup halus dan tenaganya dikeluarkan secara linear. Artinya dari putaran bawah sampai 8.500 RPM, masih sangat terkendali, bukan yang mengentak.

Baca juga: Rasa Berkendara Honda CRF250 Rally Sehari-hari


Torsinya pun enak buat dipakai harian, tidak perlu sampai 6.500 RPM, sudah terasa dorongannya. Jadi saat dipakai di jalanan, tidak sering-sering naik dan turunkan gigi, tinggal tarik gas saja.

Cuma saja, ada satu kekurangan dari mesin ini, yakni soal panas di kaki kanan agak belakang. Posisi tersebut memang dekat dengan knalpot yang tinggi, selain itu hawa dari mesinnya terasa habis dipakai berkendara seharian.

Soal kecepatan, sebenarnya berjalan di 60 Kpj sampai 70 Kpj masih sangat mumpuni. Bisa lebih dari itu, cuma terbatas di keberanian pengendara, mengingat bannya pakai model off-road dan suspensinya terlalu empuk, menyeramkan kalau dipaksa jalan pada kecepatan tinggi.

Baca juga: Benelli Meluncurkan Tornado 500, Motor Sport Agresif

Honda CRF250 RallyKOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda CRF250 Rally

Bicara konsumsi BBM, CRF250 Rally cenderung hemat kalau dipakai harian. Berdasarkan hitungan MID, kami bawa motor sejauh 103,4 Km, melewati berbagai kondisi jalan dari macet sampai lancar, tercatat konsumsi BBM-nya 37,4 liter.

Sedangkan saat dites dengan metode full to full, jarak 103,4 Km tadi cuma menghabiskan BBM sebanyak 2,48 liter. Artinya, konsumsi BBM CRF250 Rally adalah 41,69 Km per liter, hemat hitungannya buat motor 250cc satu silinder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com