Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Mobil Sobek Kecil di Samping, Apakah Masih Aman Dipakai?

Kompas.com - 08/11/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen yang vital pada mobil. Jika mengalami kerusakan, sebaiknya langsung diganti. Lalu, bagaimana jika hanya ada sobek kecil pada bagian samping atau sidewall?

Sebagian orang ada yang mengalami hal ini. Kemudian, menjadi khawatir ban mobil tersebut akan mengalami kebocoran atau bahkan meledak ketika dipakai melaju dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Jangan Pakai Ban Botak, Cek Daftar Harga Ban Mobil per November 2023

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, mengatakan, jika ban yang mengalami sobek kecil tersebut tidak mengalami kebocoran, maka masih tergolong aman.

Sobek kecil pada bagian samping ban atau side wallKompas.com/Donny Sobek kecil pada bagian samping ban atau side wall

"Hanya tergores tipis, tapi kalau kempis atau ada kebocoran, sudah tidak aman," ujar Zulpata, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Tidak masalah, cord atau ply atau benang ban kan masih utuh, tidak terjadi putus, yang penting tidak bocor saja," kata Zulpata.

Baca juga: Mengapa Ban Mobil Bisa Meledak di Jalan?

Ilustrasi pecah ban mobiltsikot.com Ilustrasi pecah ban mobil

Zulpata menambahkan, untuk dipakai melaju di jalan tol dengan kecepatan yang tinggi, tidak masalah jika tekanan dinaikkan 1-3 psi. Tujuannya, agar ban tidak terlalu banyak mengalami defleksi.

Namun, jika memang pengemudi merasa tidak nyaman, sebaiknya diganti dengan yang baru. Sehingga, saat berkendara bisa lebih fokus dengan kondisi jalanan yang ada di sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com