Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Pakai Mobil Melibas Tanjakan Spongebob

Kompas.com - 05/11/2023, 11:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Selain memiliki tenaga besar, mobil juga memiliki bobot kendaraan sehingga ketika digunakan untuk menanjak akan menjadi penghambat. Apalagi ketika harus melewati tanjakan tinggi seperti tanjakan Spongebob, di Lembang, Jawa Barat.

Maka dari itu, saat digunakan untuk melibas tanjakan tajam pengemudi harus pintar dalam mengoperasikan mobil dengan melakukan beberapa hal yang bisa meringankan beban kendaraan.

Simak tips melibas tanjakan tajam menggunakan mobil berkut ini!

Baca juga: Menjajal Tanjakan SpongeBob di Lembang, Butuh Keahlian Khusus agar Tak Gagal Mengerem dan Telat Oper Gigi

Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan ada beberapa cara untuk meningkatkan keberhasilan suatu mobil bisa melibas tanjakan tajam.

"Pertama, mengurangi beban kendaraan, dengan mengeluarkan penumpang. Sehingga, mobil lebih kuat untuk menanjak," ujar Marcell, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Marcell menjelaskan dengan menurunkan penumpang, maka beban kendaraan akan berkurang sehingga peluang mobil mampu melibas tanjakan lebih besar.

Baca juga: Tanjakan Spongebob Viral Lagi, Begini Tips Aman Melewatinya

Beberapa aksi Tukang Ganjel yang kerap ada di Tanjakan Ciburial, Nagreg, Kabupaten Bandung Jawa Barat, pada Senin (24/4/2023)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Beberapa aksi Tukang Ganjel yang kerap ada di Tanjakan Ciburial, Nagreg, Kabupaten Bandung Jawa Barat, pada Senin (24/4/2023)

Selain mengurangi bobot penumpang dan muatan secara keseluruhan, Marcell menambahkan perlu juga memfokuskan kerja mesin hanya untuk menghasilkan tenaga dan menyalurkannya ke roda penggerak.

Cara itu menurut Marcell bisa dilakukan dengan mematikan AC, dengan demikian tenaga mesin tidak terbagi untuk menjalankan sistem lainnya.

"Terakhir, memastikan ban memiliki traksi dengan permukaan jalan, bisa dengan cara membelok-belokkan kemudi atau berjalan secara zig-zag," kata Marcell.

Baca juga: Benarkah Sering Lewat Tanjakan Bikin Mobil Matik Gampang Rusak?

Menurut Marcell saat ban dibelokkan maka mencegah terjadinya spinning yang dapat menyebabkan ban kehilangan traksi dengan permukaan jalan.

Nah, itu tadi tips melibas tanjakan tajam menggunakan mobil yakni dengan mengurangi muatan kendaraan, mematikan AC dan menggunakan teknik zig-zag saat menanjak guna menjaga traksi roda penggerak dengan permukaan jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com