Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan March Hilang Tenaga di Tanjakan, Penyebabnya Sepele

Kompas.com - 06/09/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Nissan March merupakan city car dengan tampilan mungil yang dibekali mesin 3 silinder dengan kapasitas 1.200 cc sehingga konsumsi BBM diklaim lebih irit.

Di atas kertas mobil ini mampu menghasilkan tenaga 79 Tk pada 6.000 Rpm dan torsi 102 Nm pada 4.400 Rpm sehingga cukup bisa diandalkan.

Hanya saja, karena mobil ini memiliki 3 silinder maka bila terjadi masalah pada satu silindernya maka penurunan performa akan sangat terasa.

Baca juga: Intip Biaya Penggantian Motor Kipas Radiator Nissan March

Koil Grand Livina banyak dikeluhkan pemilik sering mati Dicky Aditya Wijaya Koil Grand Livina banyak dikeluhkan pemilik sering mati

Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motors Spesialis Nissan & Datsun mengatakan bila terjadi pada salah satu silinder pada mesin Nissan March maka tenaganya akan berkurang cukup banyak.

“Seharusnya mobil ini ditopang oleh 3 silinder untuk menghasilkan tenaga, tapi karena ada masalah pada salah satunya maka penurunan performanya sangat terasa, biasanya untuk menanjak tidak akan kuat,” ucap Rofiq kepada Kompas.com, Minggu (3/9/2023).

Rofiq mengatakan dengan mengandalkan dua silinder saja, maka mobil ini dipastikan sangat lemah maka dari itu wajib segera diperbaiki.

Baca juga: Penyakit Umum pada Nissan March, Cek Ini Sebelum Beli

Hal yang sering terjadi pada March, yaitu selongsong koil pengapian terbakar sehingga terjadi misfire pada silinder tertentu.

“Bila terjadi misfire pada satu silinder maka yang menopang tenaga tinggal dua, sehingga mesin menjadi loyo, untuk solusinya bisa diperiksa terlebih dulu ke bengkel apakah benar hanya dari selongsongnya terbakar,” ucap Rofiq.

Biasanya, misfire pada March disebabkan oleh selongsong koil pengapian bocor atau terbakar sehingga api yang dihasilkan busi menjadi kurang besar.

Baca juga: Selain Tidak Kuat Nanjak, Ini Dampak Kampas Kopling yang Sudah Aus

“Percikan bunga api yang tidak optimal dapat membuat mesin mengalami pembakaran tidak sempurna, ini cukup merugikan selain berpengaruh pada performa emisinya juga pasti meningkat,” ucap Rofiq.

Biaya perbaikan selongsong koil pengapian untuk March cukup terjangkau. Rofiq mengatakan konsumen hanya perlu menyiapkan dana Rp 100.000 - Rp 150.000 per unit.

“Selongsong koil pengapian sebaiknya diganti menggunakan onderdil dengan kualitas terbaik, karena selisih harganya tidak jauh sedangkan dampaknya cukup besar bila rusak,” ucap Rofiq.

Baca juga: Kompresi Mesin Mulai Loyo, Bisa Jadi karena 4 Masalah Ini

Jadi, sebelum berpikir macam-macam ada masalah di mesin atau transmisi karena March tidak kuat menanjak, konsumen perlu tahu bahwa ada jenis kerusakan yang sifatnya ringan seperti rusaknya selongsong koil pengapian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com