Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Transmisi Semi Manual untuk Mobil Listrik Toyota dan Lexus

Kompas.com - 04/11/2023, 08:21 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Aichi, KOMPAS.com - Pengembangan transmisi manual yang dilakukan Toyota ada 2 jenis. Pertama, model manual secara mekanikal, seperti pada bahasan di artikel sebelumnya. Kedua adalah semi manual atau mirip dengan sekuensial atau triptonik atau sejenisnya.

Baca juga: Merasakan Hasil Pengembangan Transmisi Manual Mobil Listrik Toyota

Kelinci percobaan kali yang dipasangi penemuan baru Toyota ini adalah mobil listrik Lexus yaitu RZ. Ada perubahan tampilan dari kabin RZ yang sudah disesaki komponen aplikasi transmisi semi manual.

Pada konsol tengah terdapat tuas transmisi seperti mobil manual. Sedangkan di bagian depan dan belakang tuas terdapat tombol-tombol pengoperasian saat menggunakan mode manual.

Penampilan dasbor RZ yang dipasangi komponen, tuas transmisi, panel meter RPM dan tombol-tombol pendukungKeitaSawa Penampilan dasbor RZ yang dipasangi komponen, tuas transmisi, panel meter RPM dan tombol-tombol pendukung

Sebelum mencobanya di sarana pengujian sirkuit oval milik Toyota di Shimoyama, Aichi, Jepang, instruktur terlebih dahulu memberi instruksi pengoperasian.

Jika ingin menggunakan mode transmisi manual, setelah mobil listrik tersebut aktif, pengemudi harus menekan tombol di belakang tuas. Pada tombol tersebut masih belum ada tulisan apapun. Maklum masih prototipe.

Usai menekan tombol tersebut lalu kita diminta menginjak pedal kopling untuk mengaktifkan mode manual. Sebagai penanda bahwa model manual sudah aktif, panel RPM aftermarket di dasbor tengah akan aktif dan jarum akan menunjukkan posisi di rpm 1.000.

Lexus RZ model transmisi sekuensial ini dilengkapi pedal koplingKeitaSawa Lexus RZ model transmisi sekuensial ini dilengkapi pedal kopling

Setelah itu baru mobil bisa dijalankan seperti model manual konvensional. Proses pemindahan gigi naik atau turun bisa menggunakan pedal kopling atau tidak. Karena sebenarnya dibuat seperti jenis transmisi sekuensial.

Ketika ditanya, lantas untuk apa fungsi kopling? Instruktur menjawab untuk memberikan sensasi seperti mobil manual meski tidak ada fungsinya untuk naik atau turun posisi gigi.

Pengoperasian

Jadi jika ingin mengganti gigi ke posisi lebih tinggi, Anda cukup sedikit angkat atau mengurangi tekanan pedal gas, lalu lakukan pemindahan gigi menggunakan tuas transmisi yang ada di konsol tengah.

Tombol tombol pada konsol tengah Lexus RZ untuk aktivasi mode manualKeitaSawa Tombol tombol pada konsol tengah Lexus RZ untuk aktivasi mode manual

Pengurangan tekanan pada pedal gas tersebut hanya sebagai cara agar mendapatkan proses pemindahan gigi yang halus atau tidak menyentak. Begitu pula untuk menurunkan posisi gigi. Langkah ini mirip ketika kita mengoperasikan sepeda motor bebek manual tanpa kopling.

Sedikit berbeda dengan mode sekuensial pada umumnya, transmisi model ini tidak akan berubah posisi gigi jika tidak dipindah secara manual (menggunakan tuas transmisi).

Namun jika Anda ingin mengganti dengan transmisi otomatis yang bisa digunakan RZ, Anda tinggal berhenti, lalu menonaktifkan lewat tombol yang sama aat mengaktifkannya. Setelah itu panel meter RPM langsung akan mati, dan Anda bisa mengemudi dengan mode otomatis yang sangat halus.

Tuas transmisi yang digunakan pad Lexus RZ transmisi manual prototipeKompas.com - Aris Harvenda Tuas transmisi yang digunakan pad Lexus RZ transmisi manual prototipe

Tanpa transmisi

Saat ditanya, mobil ini mengadopsi transmisi apa? Lantas instruktur memberi jawaban yang sangat mengejutkan, "Ini tidak menggunakan transmisi tambahan." Artinya spesifikasi sistem penggerak ini sama dengan yang beredar di pasaran.

Lantas kenapa bisa berbeda? Ternyata jawabannya ada di pengaturan komputer (ECU) mobil yang berkolaborasi dengan sensor-sensor yang ada di pedal kopling dan tuas transmisi.

Pertanyaan selanjutnya, lalu bagaimana mobil ini bisa beroperasi layaknya seperti model sekuensial pada umumnya? Output torsi dan tenaga yang keluar dari motor listrik diatur oellh ECU sesuai kondisi.

Pedal kopling yang dilengkapi sensor dalam tahap pengembanganKompas.com - Aris Harvenda Pedal kopling yang dilengkapi sensor dalam tahap pengembangan

Sebagai acuan mereka menggunakan spesifikasi dan rasio gigi transmisi sekuensial. Meski mereka tidak menyebutkan rasio gigi model apa, namun awak redaksi menerka kemungkinan paling dekat adalah milik Lexus RX terbaru.

Ada-ada saja...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com