Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pastikan Jual Land Cruiser 70 di Akhir 2023

Kompas.com - 28/10/2023, 07:02 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Tokyo, KOMPAS.com - Pada gelaran Japan Mobility Show (JMS), di Tokyo, Jepang, (25/10/2023), ada mobil yang cukup menarik perhatian di booth Toyota yaitu Land Cruiser 70 yang dapat penyegaran sebagai generasi terbaru.

Meski merupakan generasi terbaru namun desainnya masih menggunakan gaya lama seperti model keluaran 1984. Karakter lekukan body lama nuansa klasik tetap dipertahankan dengan sentuhan gaya modern pada beberapa bagian.

Gril, lampu dan bemper depan dibuat menyerupai model lama namun mendapat sedikit pembaruan desain sehingga tidak terlihat terlalu "jadul". Keberadaan sein depan dan spion tanduk di sebelah kiri tetap dipertahankan sebagai identitas.

Pintu belakang Toyota Land Cruiser 70 model suicide Kompas.com - Aris Harvenda Pintu belakang Toyota Land Cruiser 70 model suicide

Bahkan pintu belakang masih dibiarkan menggunakan model lama (suicide door) lengkap dengan ban cadangan yang digantung di pintu. Identitas sebagai mobil petualang dan pekerja terdeteksi di bemper belakang dengan keberadaan towing.

Konsep klasik modern juga terlihat dari tampilan kabin. Desain panel meter desainnya dibuat seperti model lama dengan penampilan dan material modern. Hanya setir yang sudah dibuat agak modern yang dilengkapi beberapa tombol pengaturan.

Panel meter Toyota Land Cruiser 70 berdesain klasik dengan sedikit sentuhan modernKompas.com - Aris Harvenda Panel meter Toyota Land Cruiser 70 berdesain klasik dengan sedikit sentuhan modern

Geser ke dasbor tengah, tidak ada layar monitor head unit. Semua dibuat mirip dengan tampilan lama. Tuas persnelling matik pakai model baru dengan desain yang memberi kesan kokoh.

Hal unik lainnya, material door trim juga masih sederhana, baik bahan maupun tampilannya. Tuas bukaan pintu juga pakai model lama.

Jok menggunakan perpaduan bahan suede pada bagian tengah dan kulit sintetik di pinggirnya. pengaturan sliding dan recliningtetap menggunakan tuas yang ada di samping dan bawah depan jok.

Jok belakang Toyota Land Cruiser 70 hanya bisa recliningKompas.com - Aris Harvenda Jok belakang Toyota Land Cruiser 70 hanya bisa reclining

Nah, sedikit disayangkan, jok baris kedua hanya bisa reclining, sementara pengaturan ruang kaki tidak tersedia. Efeknya leg room terasa kurang lega.

Unit yang dipajang pada pameran menampilan ruang belakang yang kosong, alias tanpa kursi. Alhasil volume belakang sangat lapang.

Sebagai sumber daya, Toyota memberikan 2 pilihan. Pertama, mesin turbo diesel, 4 silinder, berkapasitas 2.8L yang mampu memberi tenaga 201 tk. Transmisi yang digunakan untuk mesin ini hanya otomatis 6 percepatan.

Tampilan belakang Toyota Land Cruiser 70 yang masih mengedepankan gaya klasikKompas.com - Aris Harvenda Tampilan belakang Toyota Land Cruiser 70 yang masih mengedepankan gaya klasik

Pilihan lain adalah mesin diesel V8 tanpa turbo (naturally aspirated), 4.5L dengan daya maksimum 202 tk.

Model ini rencananya akan mulai dipasarkan di Jepang di penghujung 2023. Lantas, apakah model ini akan dijual di Indonesia?

"Kami saat ini konsentrasi men-deliver Land Cruiser VX-R yang masih panjang antreannya. Untuk Land Cruiser 70 kita belum ada rencana apa pun," ujar Anton Jimmy, Direktur Marketing Toyota Astra Motor, di sela-sela perhelatan JMS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com