Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Tengah Jadi Tulang Punggung Penjualan Mitsubishi Fuso

Kompas.com - 30/10/2023, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KUDUS, KOMPAS.com - Mitsubishi Fuso menjadi salah satu merek kendaran niaga yang meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Mitsubishi Fuso secara wholesales pada Januari –September 2023 mencatatkan penjualan truk sebanyak 23.383 unit. Sementara itu untuk produk truk bus yang terjual yakni 972 unit.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor Mitsubishi Fuso Indonesia mengatakan, wilayah di Indonesia yang menjual kontribusi penjualan terbesar adalah Jawa Tengah.

Baca juga: Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Matik Setiap Hari?

Kudus menjadi area terbesar yang menyumbang penjualan Ke Jawa Tengah, hampir 55 persen. Kudus ke nasional menyumbang 30- 44 persen. Market yang paling besar di Jawa Tengah memang di sini,” kata Novia di Kudus pada acara Jambore ,” kata Novian Taufiq, General Manager PT KTB pada Jambore Nasional (Jamnas) ke-10 Canter Mania Indonesia Community (CMIC), Minggu (29/10/2023).

Kumpulan truk Canter Mania IndonesiaKOMPAS.com/Janlika Kumpulan truk Canter Mania Indonesia

 Baca juga: Honda Kasih Sinyal Jual HR-V Listrik di Indonesia

Novian juga mengatakan, sekitar 70 persen pasar dari Fuso di Kudus adalah segmen
retail. Hal tersebut lantaran perekonomian di Kudus sendiri berpusat pada sektor logistik untuk pabrik-pabrik, salah satunya yang paling terkenal adalah pabrik rokok.

Bila secara volume, penjualan Fuso di Jawa Tengah pada periode Januari – September 2023 yakni 2023 sekitar 1.650, sementara itu untuk Canter menyumbang sekitar 1.400 unit.

“Untuk Jawa Tengah market leader sekitar 40 persen secara nasional. Kalau untuk produk Canter justru lebih baik yakni 55-60 persen di sini,” kata Novian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com