Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang Karpet Mobil, Jangan Lupa Perhatikan Fungsinya Juga

Kompas.com - 30/10/2023, 11:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menambah estetika, aksesori karpet mobil juga memiliki beragam fungsi bermanfaat, seperti meredam suara, menjaga kebersihan kabin, bahkan mencegah debu dan bakteri.

Debu dan kotoran yang mengendap dickabin mobil akan menumbuhkan bakteri yang dapat membuat gatal dan alergi, sehingga penting untuk memasangkan karpet dasar yang mudah dibersihkan.

Satu contoh aksesori untuk mengamankan kabin dari debu dan bakteri adalah Karpet Engraver, yang memang didesain dengan beberapa material khusus.

Baca juga: AC Mobil Tiba-tiba Panas Bisa Jadi Gejala Mesin Mobil Overheat

Contoh aksesori karpet mobil jenis engraver, bisa mencegah penumpukan debu dan kotoranEngraver Contoh aksesori karpet mobil jenis engraver, bisa mencegah penumpukan debu dan kotoran

Material yang digunakan adalah yakni kulit nappa bertekstur yang diklaim tahan gores, dengan gabungan soft busa, PE dan anti slip, serta total ketebalan mecapai 1,2 sentimeter.

Karpet ini juga diklaim memiliki motif ulir khusus, sehingga bisa menampung dan mengumpulkan semua debu kotoran dari alas kaki di satu titik saja.

Instalasinya juga cukup mudah, konsumen tidak perlu membuka jok mobil dan peralatan khusus, namun cukup mengunakan perekat velcro saja.

Baca juga: Menuju Era EV, Industri Komponen Harus Tingkatkan Daya Saing

Contoh karpet insulator untuk mobil, aksesori ini bisa meredam kebisingan dari luar dan menambah kekedapan kabinKompas.com/Daafa Alhaqqy Contoh karpet insulator untuk mobil, aksesori ini bisa meredam kebisingan dari luar dan menambah kekedapan kabin

Selain engraver, ada pula aksesori karpet insulator mobil alias peredam kabin. Sesuai namanya, berfungsi untuk meredam suara bising dari luar dan menambah kesenyapan kabin.

Berbeda dengan engraver yang dipasang di bagian luar, karpet insulator dipasang di bagian dalam. alias menempel langsung dengan panel body mobil.

Selain menambah kesenyapan, kapet insulator juga berfungsi meredam getaran saat mobil dikendarai. Hal ini tentunya bisa lebih meningkatkan kenyamanan bagi pengguna.

Bagi konsumen yang hendak membeli karpet mobil, sebaiknya melakukan beberapa riset secara langsung terlebih dahulu. Supaya tidak hanya bisa mendapat estetika, tapi juga terasa fungsi dan manfaatnya untuk penggunaan sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com