Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Swift Generasi Baru Meluncur di JMS 2023

Kompas.com - 25/10/2023, 11:03 WIB
Agung Kurniawan

Editor

TOKYO, KOMPAS.com – Pada Japan Mobility Show (JMS) 2023, Suzuki meluncurkan generasi terbaru Suzuki Swift. Meski masih menyandang nama konsep, tapi dari tampilan sudah menyerupai wujud mobil produksi.

Sejak tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di Eropa beberapa waktu lalu, kehadiran Suzuki Swift generasi anyar ini memang cukup ditunggu penggemar otomotif.

“Swift peluncuran di periode tertentu tapi kami mematau konsumennya bagaimana tapi tetap persiapkan,” ucap Kinji Saito, Director and Senior Managing Officer Global Automobile Markieting Suzuki Motor Corporation di Tokyo Bigsight, Tokyo, Rabu (25/10/2023).

Swift generasi baru hadir dengan desain lebih modern, tampilan fascia depannya diperbarui dengan struktur kap mesin clamshell (kulit kerang), dilengkapi lampu LED dan DRL model baru yang lebih agresif.

Model baru ini mendapat ubahan pada bagian samping, seperti pelek, garis-garis bodi, hingga desain gagang pintu yang baru. Begitu juga di bagian belakang, bemper dan lampu LED juga ikut mendapat pembaruan.

Suzuki Swift anyar kabarnya bakal dibekali dengan platform Heartect baru, yang memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah bobot yang lebih ringan.

Sementara pada bagian interior, kabin hatchback Suzuki ini kemungkinan besar dibuat lebih premium dengan penambahan fitur dan teknologi baru.

Baca juga: Jumpa Solio, Mobil Terlaris Suzuki Arena Jepang

Suzuki menampilkan versi produksi dari generasi terbaru Swift di Japan Mobility Show 2023.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Suzuki menampilkan versi produksi dari generasi terbaru Swift di Japan Mobility Show 2023.

Bocoran fiturnya, meliputi head unit touchscreen 9 inci yang sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto.

Ada juga sistem kamera 360 derajat, pengaturan suhu otomatis dual zone, head-up display, serta cluster instrumen semi digital.

Beralih ke bagian dapur pacu, Swift generasi baru dikabarkan akan menggunakan mesin bensin 1.200 cc dengan teknologi mild hybrid.

Suzuki juga akan memperkenalkan varian sport dengan mesin yang lebih bertenaga, yakni mesin 1.400 cc empat silinder boosterjet turbo dengan hybrid ringan.

Menariknya dengan mesin terbaru itu, konsumsi BBM Swift diprediksi bakal lebih irit dibandingkan versi sebelumnya, bahkan diklaim bisa tembus 35 km per liter sampai 40 km per liter.

Suzuki terakhir memasarkan Swift di Indonesia pada 2017 tapi hanya spot order. Pada tahun yang sama, Suzuki justru mengisi segmen hatchback dengan memasarkan Baleno hatchback yang diimpor utuh dari India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com