Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diggia Bikin Bangga dengan Naik Podium di Phillip Island

Kompas.com - 25/10/2023, 09:33 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah 36 seri dilalui di kelas MotoGP, Fabio Di Giannantonio akhirnya berhasil meraih podium perdananya di kelas utama. Hasil ini membuat bangga banyak pihak, termasuk sponsor dan penggemar.

Memulai balapan dari posisi keenam pada MotoGP Australia 2023 yang digelar di Sirkuit Philip Island, pebalap yang akrab disapa Diggia ini bisa bergerak lebih kompetitif dengan pebalap di depannya.

Baca juga: Nasib Diggia Usai Tergusur Marquez di Gresini

Begitu juga dengan strategi dari mekanik yang memberikan rekomendasi ahli dalam menyiapkan Ducati Desmosedici GP22. Sehingga, bisa membuatnya semakin nyaman untuk meraih podium ketiga. Meskipun, kondisi ban sudah maksimal dalam memberikan cengkeraman.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Australia 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Australia 2023

MotoGP Australia 2023 kali ini berbeda dari seri-seri sebelumnya, di mana jadwal balapan diubah demi keselamatan pebalap. Potensi angin kuat dan hujan deras pada hari Minggu, membuat jadwal Sprint Race yang harusnya digelar hari Sabtu dipindah ke Minggu dan harus bertukar dengan agenda balapan utama menjadi hari Sabtu.

“Saya memiliki awal yang luar biasa, mungkin yang terbaik yang pernah saya lakukan. Saya selalu bersenang-senang di trek ini dan balapan kali ini fantastis," ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Kemenparekraf Perpanjang Kerja Sama dengan Gresini Racing hingga 2025

"Saya tahu bisa kompetitif tetapi sejujurnya saya tidak sekuat yang saya alami pada akhirnya. Saya memiliki kecepatan yang luar biasa, dan berhasil bertarung dengan pembalap papan atas dan kemudian lap terakhir sungguh luar biasa. Ini adalah podium yang pantas kami dapatkan, namun saya masih harus menyadari sepenuhnya apa yang terjadi,” kata Diggia.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Alex Marquez yang sempat mundur di FP1 MotoGP Mandalika akibat tak kuat menahan nyeri pasca terjatuh di MotoGP India, ternyata tampil kompetitif bersama Ducati Desmosedici GP22 di sirkuit Phillip Island.

“Secara fisik, ini adalah balapan yang menantang, tapi itulah yang saya harapkan. Saya mencoba untuk tetap tenang dan fokus, sambil selalu berusaha untuk tetap berada di belakang pembalap lain. Saya sempat bertarung sesaat untuk enam besar, tetapi saya tidak punya energi lagi untuk menyerang,” ujar Alex.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Dengan podium perdananya ini, Diggia sekarang berada di peringkat ke-12 pada klasemen sementara MotoGP dengan total 86 poin. Sedangkan Alex, bertahan di peringkat ke-11 dengan total 115 poin.

Sri Adinegara , Market Development Director PT EMLI mengatakan, Federal Oil memberikan apresiasi atas pencapaian Diggia di MotoGP Australia 2023. Diggia menunjukkan kemajuan dan kematangan talentanya sebagai pebalap profesional bersama Tim Gresini Racing MotoGP.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023

"Pasca finis terbaik posisi keempat di Sirkuit Mandalika, kali ini Diggia mampu mempersembahkan podium ketiga dan berhasil bikin bangga para penggemar serta konsumen Federal Oil di Tanah Air. Sedangkan hasil terbaik juga berhasil diraih Alex Marquez, karena mampu meraih poin penting setelah berhasil finis posisi kesembilan,” ujarnya.

“Balapan berikutnya akan digelar di Thailand, dan semoga saja kedua pebalap bisa kembali tampil dengan maksimal, serta mampu mempersembahkan podium ganda bagi para penggemar dan khususnya konsumen Federal Oil yang mendukung Tim Gresini Racing MotoGP yang kian kompetitif di barisan depan," kata Sri Adinegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com