Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Gandeng LG buat Pasok Baterai Mobil Listrik

Kompas.com - 10/10/2023, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LG Energy Solution Ltd (LGES) resmi menandatangani kontrak kerja sama selama 10 tahun untuk memasok baterai mobil listrik atau electric vehicle (EV) ke Toyota Motor Corporation yang akan diproduksi di Amerika Serikat (AS).

Melalui investasi senilai 3 miliar dollar AS (sekitar Rp 46,6 triliun), pasokan baterai oleh LGES dimulai pada 2025 mendatang. Perjanjian ini diresmikan oleh LG Energy Solution Michigan, Inc. dan Toyota Motor Engineering and Manufacturing North America, Inc.

Melansir keterangan resmi perseroan pada Selasa (10/10/2023), langkah ini merupakan kali pertama bagi perusahaan baterai Korea itu untuk menandatangani kontrak pasokan baterai dengan produsen mobil Jepang tersebut.

Baca juga: Honda Memastikan Tolak Tawaran Kalau Marquez Mau CLBK

Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.asia.nikkei.com Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.

Dalam kontrak itu, LGES akan membangun pabrik baterai sebesar 20 GWh di Michigan pada 2025, dengan rencana untuk memasok baterai ion litium NCMA yang kaya akan nikel ke Toyota selama 10 tahun hingga 2035.

Baterai NCMA baru LGES (nikel, kobalt, mangan, aluminium) menggunakan katoda nikel sebesar 90 persen, mengurangi penggunaan kobalt dan mengadopsi aluminium untuk meningkatkan keamanan.

Selanjutnya, sel-sel baterai LGES yang diproduksi di pabrik Michigan yang akan datang bakal dikirim ke pabrik Toyota di Kentucky dan dirakit di sana menjadi paket baterai untuk model mobil listrik produsen mobil tersebut.

Baca juga: Jikalau Baterai Ioniq 5 Nol Persen, Lantas Apa yang Akan Terjadi?

Pembuat baterai akan membangun jalur produksi baru di Michigan untuk sel baterai tipe kantong dan modul untuk Toyota.

Dengan kesepakatan pasokan terbaru ini, LGES menjadi pemasok baterai untuk lima produsen mobil teratas di dunia, yaitu General Motors Co., Toyota Motor, Hyundai Motor Group, Volkswagen Group, dan aliansi Renault-Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com