Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

430 Mobil Listrik Beroperasi di KTT AIS Forum, Ada i7 sampai Ioniq 6

Kompas.com - 10/10/2023, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 430 unit mobil listrik akan dijadikan alat transportasi para tamu delegasi pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Archipelogic and Island States (KTT AIS) Forum di Bali pada 10-11 Oktober 2023 mendatang.

Kepala Bagian Kendaraan, Biro Umum Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) Masduki menjelaskan, kendaraan ramah lingkungan atau mobil listrik tersebut terdiri atas empat merek.

Di antaranya, sebanyak 28 unit merupakan BMW tipe i7, 198 unit Hyundai Ioniq 5, 39 unit Hyundai Ioniq 6, Wuling Air ev sebanyak 100 unit, dan 66 sisanya ialah Toyota bZ4X.

Baca juga: Wuling Kerahkan 100 Unit Air ev untuk KTT AIS Forum di Bali

Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6edij@nw@ri Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6

"Rangkaian ini tidak terlepaskan dan hanya dapat digunakan dari Bandara-Hotel-Venue," kata dia dalam keterangannya, Senin (9/10/2023).

Panitia penyelenggara KTT AIS Forum juga telah menyiapkan shuttle bus gratis bagi para jurnalis dari beberapa titik keberangkatan menuju Media Center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua.

Pengadaan shuttle bus bertujuan untuk memudahkan pergerakan jurnalis peliput KTT AIS Forum menuju dan meninggalkan Media Center.

Ada dua titik keberangkatan dengan tiga rute. Jurnalis agar memanfaatkan layanan ini untuk menuju Media Center atau kembali ke titik awal.

Baca juga: Kecelakaan Malam Lagi, Mobil Tabrak Motor Hingga Ada Korban Jiwa

Wuling Air ev KTT IndonesiaWuling Motors Wuling Air ev KTT Indonesia

Sehingga, seluruh alat transportasi yang digunakan selama penyelenggaraan acara kenegaraan terkait ialah kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB). Ini sesuai dengan komitmen Indonesia yang berupaya mencapai netralitas karbon pada 2060 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com