Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Honda CBR150R Digondol Maling, Bisa Pasang GPS atau Immobilizer

Kompas.com - 04/10/2023, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, lewat unggahan video pengakuan pelaku curanmor, dikatakan kalau Honda CBR150R jadi motor yang mudah digondol. Bahkan para pelaku sudah tahu lokasi soket, jadi bisa cepat aksinya.

Video tersebut diunggah akun Tiktok AKBP Wiwit Ari Wibisono, Wakapolrestabes Semarang. Pengajuan pelaku, motor bisa dibawa kabur tidak sampai lima menit, proses bobol kunci juga cuma satu menit.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri mengatakan, sejak 2010 dia sudah masuk komunitas CBR dan memang sering kejadian motor anggota yang digondol maling.

Baca juga: Honda CBR150R Edisi MotoGP Meluncur, Harga Rp 42,11 Juta

@akbp_wiwit_waw_2002 Kendaraan yang paling gampang dicuri sesuai pengakuan tersangka #fyp #viral #hatihati #pencurian #kendaraan #pencuriansepedahmotor #semarang #polrestabessemarang #libas #presisi #polri #poldajateng ? suara asli - WIWIT ARI WIBISONO

 

"Entah sudah pro atau bagaimana, CBR150R yang sering kehilangan. Makanya saya selalu mengingatkan buat pasang kunci pengaman tambahan, tambah model saklar atau GPS," kata Aries kepada Kompas.com, belum lama ini.

Soal kunci tambahan, bisa memilih opsi seperti pasang GPS atau immobilizer. Kedua perangkat ini bisa membantu memperlambat maling saat melancarkan aksinya.

Mulyono, pemilik bengkel spesialis kunci motor Honzuyaka di Cibinong mengatakan, pasang immobilizer dan GPS memang bisa jadi solusi.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023 Pakai Marshal Lokal, Putra Asli NTB

"Immobilizer aman juga, GPS lebih aman tapi harus isi kuota sebulan Rp 30.000," kata Mulyono.

Untuk immobilizer, Mulyono menyediakan paket dengan remot keyless seperti yang ada di skutik Honda zaman sekarang. Jika motor dinyalakan tapi posisi remot jauh, maka motornya tidak bisa dinyalakan, jadi harus dekat antara remot dan motornya.

Pemasangan immobilizer untuk motor batangan atau motor sportHONZUYAKA Pemasangan immobilizer untuk motor batangan atau motor sport

Sedangkan kalau GPS, biasanya lebih canggih lagi. Motor bisa dinyalakan lewat aplikasi, bisa dipantau posisinya, dan sebagainya. Oleh karena itu, ada biaya buat bayar server setiap bulannya.

Kedua pilihan ini bisa jadi solusi buat pemilik Honda CBR150R yang tidak mau motornya hilang diambil maling. Tapi tentu ada biaya tambahan yang harus keluar dan kemungkinan besar, garansi dari pabrikan akan hangus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com