Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perawatan AC Toyota Rush Lawas, mulai Rp 400.000-an

Kompas.com - 04/10/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Rush Konde cukup fenomenal di zamannya. LSUV ini sampai sekarang banyak diburu masyarakat lantaran harganya sudah semakin terjangkau namun kenyamanan tetap bisa didapatkan. 

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Selasa (3/10/2023) Rush Konde 2007 sampai 2016 dibanderol mulai Rp 85 juta sampai Rp 170 juta.

Salah satu hal yang perlu dipertahankan adalah kemampuan sistem AC dalam menyejukkan udara di dalam kabin. Dengan demikian, Rush Konde akan tetap nyaman saat dikendarai meski usianya sudah belasan tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2006.

Pada dasarnya, Rush Konde memiliki AC dengan spesifikasi cukup tangguh meski mobil ini hanya terdiri dari 5 seaters yakni; terdapat double blower, selain di area depan kisi-kisi AC juga terdapat di plafon tengah.

Baca juga: LSUV Terlaris Agustus 2023: Rush Berkuasa, Stargazer X Melesat

Toyota Rush TRD UltimoKompasOto Toyota Rush TRD Ultimo

 

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Rush Konde dibekali AC cukup mumpuni karena ada dua blowe.

“Rush Konde sudah menggunakan double blower, sehingga seharusnya lebih unggul dalam menjaga kesejukan udara di dalam kabinnya, tinggal dirawat saja dengan baik agar performa AC-nya tetap prima,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan AC pada Rush Konde perlu dirawat agar kemampuannya tetap optimal serta mencegah terjadinya kerusakan komponen.

Minimal dilakukan penggantian oli kompresor setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km atau setahun untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan kerusakan kompresor.

Baca juga: Daftar Harga LSUV Bekas per Oktober 2023, Terios mulai Rp 70 Jutaan

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

“Hanya saja, untuk perawatan rutin lengkap kami menyarankan untuk melakukan rangkaian treatment sehingga hasilnya lebih baik, yakni tidak cuma penggantian oli kompresor tapi juga pembersihan komponen,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan servis AC untuk Rush Konde dibagi menjadi dua jenis, yakni servis rutin ringan dan besar dengan rincian pekerjaan berbeda pula.

“Servis ringan meliputi pembersihan blower, kondensor, filter AC dan pengecekan sistem AC tanpa dilakukan pembongkaran, sedangkan servis rutin besar adalah pembersihan dengan cara dibongkar semua komponennya,” ucap Muchlis.

Baca juga: Rush Rebut LSUV Terlaris Juli 2023, Stargazer X Mulai Masuk Pasar

Dengan demikian dalam sekali melakukan servis rutin AC Rush Konde membutuhkan biaya mulai Rp 400.000 - Rp 800.000 tergantung mau dilakukan pembongkaran atau tidak saat proses servis.

Untuk informasi lengkapnya, berikut rincian biaya servis AC rutin:

  1. Ganti oli kompresor ND 8, Rp 100.000
  2. Ganti freon, Rp 200.000
  3. Perawatan ringan AC rutin, Rp 100.000
  4. Perawatan besar AC, overhaul dashboard, Rp 500.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com