Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Mendengarkan Musik Ketika Menyetir Mobil

Kompas.com - 02/10/2023, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendengarkan musik ketika menyetir mobil bukan hanya membuat perjalan menjadi lebih asyik, melainkan juga memberikan suasana yang lebih menyenangkan.

Meskipun tidak ada regulasi secara khusus yang mengatur mendengarkan musik saat menyetir, pengemudi diharapkan memiliki kesadaran akan tips keselamatan demi mencegah terjadinya situasi berbahaya di jalan raya.

Anna Surti Ariani, Child and Family Psycholog, mengatakan, musik yang didengarkan bisa memicu perasaan pengemudi yang sedang dirasakan.

Baca juga: Pahami Jarak Aman Ketika Berkendara, Terapkan Rumus 3 Detik

Ilustrasi menyetir mobil.SHUTTERSTOCK/BEAUTY STUDIO Ilustrasi menyetir mobil.

“Contohnya begini. Kalau kondisi psikologis sedang mellow, apalagi sedang depresi, maka sebenarnya banyak sekali jenis musik yang akan men-trigger itu. Buat orang lain biasa saja, buatnya mengacaukan,” ungkap Anna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jika mendengarkan musik yang sesuai dengan suasana hati, terdapat kemungkinan konsentrasi akan kacau, dan pengemudi hilang fokus berkendara.

“Misal kondisinya sedang depresi. Depresi itu jadi mengacaukan konsentrasi dia, mengacaukan pengambilan keputusan. Kalau sedang berkendara, pengambilan keputusan kan terjadi setiap saat,” jelas Anna.

Baca juga: Bahaya, Hindari Bermain Ponsel Saat Berkendara

Hala Hussein Alireza, wanita Saudi yang baru menerima SIM, mengemudi di kawasan Laut Merah, Kota Jeddah, Minggu (24/6/2018). Momen bersejarah tercipta setelah otoritas Saudi pada 24 Juni waktu setempat resmi mencabut larangan bagi perempuan untuk mengemudi sebagai bagian dari program Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman memodernisasi beragam aspek dalam masyarakat Saudi.AFP PHOTO/AMER HILABI Hala Hussein Alireza, wanita Saudi yang baru menerima SIM, mengemudi di kawasan Laut Merah, Kota Jeddah, Minggu (24/6/2018). Momen bersejarah tercipta setelah otoritas Saudi pada 24 Juni waktu setempat resmi mencabut larangan bagi perempuan untuk mengemudi sebagai bagian dari program Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman memodernisasi beragam aspek dalam masyarakat Saudi.

Anna menegaskan, yang jadi masalah adalah ketika kondisi emosional pengemudi tidak baik, ditambah musik memicu suasana dan perasaan, sehingga tidak bisa mengontrol emosi.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, hal yang penting dilakukan ketika mendengarkan musik saat menyetir adalah penyesuaian volume.

Baca juga: Tips Menyetir Aman Dekat Pelintasan Kereta Api, Jangan Tergesa-gesa

“Pastikan alunan musik yang sesuai, karakternya tidak membuat pengemudi menjadi agresif atau mengantuk,” ungkap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, Sony juga mengatakan, musik rock ataupun musik lembut sama-sama memberikan pengaruh dalam mengemudi. Dengan demikian, pastikan untuk tidak terpengaruh dan tetap fokus berkendara.

Selain itu, Sony juga menyarankan ketika melintas rel kereta api, kecilkan volume musik dan buka kaca jendela sedikit agar suara dari luar bisa terdengar jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com