Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jangan Injak Rem, Ingat Cara Ini Agar Selamat Saat Ban Mobil Pecah | Link Live Streaming MotoGP Jepang 2023, Balapan Siang Hari

Kompas.com - 02/10/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pecah ban kerap diikuti kecelakaan fatal karena pengendara minim pengetahuan untuk mengantisipasinya. Beberapa peristiwa nahas terjadi setelah mobil mengalami pecah ban, khususnya saat mobil melaju kencang seperti di jalan tol.

Pengemudi yang tidak tahu bagaimana cara menangani kondisi darurat tersebut, menyebabkan mobil jadi hilang kendali, terbalik atau menabrak.

Maka dari itu penting sekali pengemudi memahami keputusan apa yang tepat saat mobil yang dikendarai mengalami pecah ban. Dengan demikian, kecelakaan bisa terhindari.

Selain itu, MotoGP Jepang akan berlangsung pada siang hari ini Minggu (1/10/2023), pukul 13.00 WIB. Berikut ini link live streaming MotoGP Jepang 2023.

Balapan diprediksi akan menyuguhkan aksi ciamik para pebalap papan atas yang sedang kejar-kejaran poin satu sama lain. Ducati dipercaya bakal bersinar di Sirkuit Motegi, Jepang, yang merupakan "sirkuitnya Honda."

Adapun soal persaingan diharapkan bakal terjadi dari pertarungan Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan juga Marco Bezzecchi.

Baca juga: Waspada Pecah Ban Saat Berkendara di Cuaca Panas

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 1 Oktober 2023 :

1. Jangan Injak Rem, Ingat Cara Ini Agar Selamat Saat Ban Mobil Pecah

Toyota Avanza ringsek akibat kecelakaan pecah ban di KM 713+100/A, Jalan Tol Jombang-Mojokerto Toyota Avanza ringsek akibat kecelakaan pecah ban di KM 713+100/A, Jalan Tol Jombang-Mojokerto

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana menjelaskan, panik saat mobil alami pecah ban memang manusiawi, namun tetap harus ditanamkan operasional yang benar dalam kondisi darurat tersebut.

"Kebiasaan yang dilakukan dan salah yaitu mengandalkan rem untuk berhenti dan tidak menguasai teknik dasar saat emergency (terjadi pecah ban)," ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Jangan Injak Rem, Ingat Cara Ini Agar Selamat Saat Ban Mobil Pecah

2. Link Live Streaming MotoGP Jepang 2023, Balapan Siang Hari

Pebalap Pramac Racing Jorge Martin saat memenangi Sprint Race MotoGP Jerman 2023 di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (17/6/2023). Terkini, Jorge Martin tampil sebagai pemenang sprint race MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Sabtu (30/9/2023).AFP/RONNY HARTMANN Pebalap Pramac Racing Jorge Martin saat memenangi Sprint Race MotoGP Jerman 2023 di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (17/6/2023). Terkini, Jorge Martin tampil sebagai pemenang sprint race MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Sabtu (30/9/2023).

Jorge Martin, pebalap Pramac Racing akan start dari posisi pertama karena meraih pole position saat kualifikasi. Sehari sebelumnya, Sabtu (30/9/2023) pebalap asal Spanyol, itu juga menang di sesi sprint race.

Adapun untuk Bagnaia pasti berusaha untuk tampil terbaik agar tidak disalip Martin. Pebalap tim pabrikan Ducati tersebut kini mengoleksi 299 poin atau hanya selisih 8 poin dari Martin dengan raihan 291 poin.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Jepang 2023, Balapan Siang Hari

3. Pertamina Naikkan Harga Pertamax Cs, Pertamina Dex dan Dexlite

Perbandingan harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, BP AKR, dan Vivo per 1 Oktober 2023:KOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Perbandingan harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, BP AKR, dan Vivo per 1 Oktober 2023:

PT Pertamina (Persero) kembali menyesuaikan harga BBM nonsubsidi mulai 1 Oktober 2023. Terpantau semua harga BBM nonsubsidi Pertamina mengalami kenaikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com