Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Toyota Avanza ‘Shinchan’ Bergaya Stance Touring

Kompas.com - 27/09/2023, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza sampai saat ini masih menyandang predikat mobil sejuta umat di Indonesia. Alasannya, karena memang penjualannya terus mendominasi pasar MPV tujuh penumpang, sehingga jumlah populasinya di Indonesia cukup banyak.

Meski generasi baru sudah meluncur pada akhir tahun, tak membuat Avanza lawas ditinggalkan oleh para penggemar.

Punya desain yang sederhana, membuat banyak orang melakukan modifikasi pada Toyota Avanza lawas agar terlihat lebih keren.

Baca juga: Kapolri Minta Korlantas Evaluasi Pemberlakuan Rekayasa Lalu Lintas

Salah satunya seperti Toyota Avanza lansiran 2016 milik Muhammad Luthfi Kuncoro. Kepada Kompas.com, Luthfi menceritakan awal mula dirinya membeli Toyota Avanza yang diberi nama ‘Shinchan’ hingga memutuskan untuk modifikasi dengan aliran stance touring.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Muhammad Luthfi Kuncoro (@mamasluthfi96)

“Awal kisah punya mobil ini untuk transportasi umum alias taksi online, berdagang baju dan lain-lain. Sampai sekarang akhirnya saya beralih berdagang aksesoris mobil di daerah Narogong bernama ‘Bekasi Auto Garage’. Setelah itu baru melakukan perubahan tipis-tipis dengan ending wujudnya seperti,” ucap Luthfi, kepada Kompas.com, Kamis (21/9/2023).

Modifikasi Avanza bergaya stance touring milik pria asal Purwodadi ini meliputi bagian eksterior, interior dan kaki-kaki.

“Eksterior saya sudah wide body, tampang depan dirombak total dari Avanza tipe E 2016 ke Veloz tipe GR Sport. Body juga sudah dicat ulang warna silver purple, dan ada penambahan roofbox di bagian atap,” kata Luthfi.

Sementara di bagian interior ubahannya meliputi audio kosmetik, ambient lights, wood panel, setir Veloz, serta retrim menggunakan bahan semi kulit.

“Kalau untuk kaki-kaki cukup banyak perubahan, mulai dari penggantian shockbreaker, per, coak sasis, naik deck spakbor, sampai pemindahan jalur pipa bensin,” ucap Luthfi.

Interior Toyota Avanza dok Luthfi Interior Toyota Avanza

Pria berusia 27 tahun ini turut mengungkapkan kesulitan ketika memodifikasi Toyota Avanza ini, salah satunya adalah membuat mobil sejuta umat ini tidak terlihat ‘nungging’.

“Untuk Avanza 2016 sangat sulit untuk tidak terlihat nungging walaupun sudah dan lengan ayun selalu mentok di saat melewati polisi tidur,” kata Luthfi.

Baca juga: Sebabkan Kecelakaan di Tikungan 1, Diusulkan Dapat Penalti Terberat

Bicara soal waktu modifikasi, Luthfi mengaku melakukan modifikasi ini secara step by step sejak tahun 2019 sampai 2023.

“Untuk waktu karena step by step, dari 2019 sampai 2023. Kalau soal biaya menghabiskan (uang) sekitar sekian,” jawab Luthfi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com