Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Pakai BBM Oktan Tinggi Bikin Busi Lebih Awet?

Kompas.com - 27/09/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak mitos yang beredar di dunia otomotif. Beberapa ada yang benar, namun banyak juga yang hanya sekadar cerita atau karangan saja.

Salah satu mitos yang kerap diperbincangkan adalah soal penggunaan bahan bakar minyak (BBM) oktan tinggi yang dianggap mampu membuat masa pakai atau usia busi jadi lebih awet.

Anggapan ini hadir karena peran busi sebagai pemercik api dalam ruang bakar. Sehingga muncul anggapan bila menggunakan BBM yang berkualitas, maka pembakaran akan lebih baik dan membuat busi tidak cepat kotor karena sisa karbon.

Menjawab hal ini, Diko Oktaviano, Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia selaku distributor resmi busi NGK mengatakan, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena ada korelasi antara jenis busi dan BBM yang digunakan.

Baca juga: Mau Beli Innova Bekas, Pahami Dulu Penyakit Umumnya

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

"Busi itu ada nikel, Iridium, Laser Iridium dan lainnya. Perbedaannya ada di bahan material dan bentuk elektroda yang kaitannya pada kemampuan efisiensi pembakaran dengan daya tahan terhadap keausan," ujar Diko kepada Kompas.com, belum lama ini.

Masing-masing jenis busi tadi, lanjut Diko, memiliki karakteristik yang berbeda. Dengan demikian, tidak bisa disamakan soal kemampuannya, baik dalam hal daya tahan terhadap aus serta pengapian.

Contoh, untuk busi berbahan nikel yang punya karakteristiknya cepat aus dan pengapian standar.

Saat kendaraan menggunakan jenis BBM RON 92, dengan kemampuan pengapian yang standar, bisa membuat terjadinya residu atau endapan dari sisa pembakaran.

"Jenis BBM RON 92 juga menghasilkan panas yang tinggi dan berimbas pada nikel yang cepat terkikis nantinya," kata Diko.

Baca juga: Jasa Inspeksi Mobil Bekas, Jadi Musuh Pedagang Culas

Beda halnya dengan jenis busi Iridium. Dengan karakter penyebaran api yang cepat dan besar, busi ini punya sifat yang tahan panas sehingga tak gampang mengalami keausan.

Busi laser iridium NGKKOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi laser iridium NGK

Ketika kendaraan menggunakan BBM RON92, sisa pembakaran yang dapat menghasilkan residu dapat ditekan lantaran karakter penyabaran api lebih cepat dan besar. Korelasinya, efisiensi akan meningkat dan panas di ruang bakar bisa diatasi karena material yang lebih kuat.

"Bahan iridium lebih kuat terhadap tingkat panas yang terjadi karena di ruang bakar karena penggunaan BBM yang tinggi seperti RON 92. Beda bila dibandingkan nikel," ujar Diko.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Omoda 5 GT Bermesin 1.600 Turbo

"Penggunaan busi juga harus disesuaikan. Saat kendaraan pakai BBM dengan oktan tinggi yang dapat menghasilkan temperatur lebih panas, maka sesuaikan juga tingkat panas businya agar tidak mudah aus atau meleleh," katanya.

Busi laser iridium NGKKOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi laser iridium NGK

Tak hanya itu, awet atau tidaknya busi juga dipengaruhi beragam faktor lain. Salah satunya soal perawatan mobil yang ikut menentukan masa pakai dari komponen-komponen lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com