Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran IEMS 2023 Dibuka, Ajang Khusus Kendaraan Listrik

Kompas.com - 20/09/2023, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023 resmi dibuka. Pameran ini menjadi ajang khusus bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dan diklaim menjadi salah satu pelopor dalam akselerasi penggunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia.

Pertama kali digelar pada 2019, IEMS dihelat di Balai Kartini Jakarta, dilanjutkan dengan IEMS 2021 di BRIN Serpong, dan IEMS 2022 di JCC.

Sementara pada tahun ini, IEMS diselenggarakan bersama dengan Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) di ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor pada 20-23 September 2023.

Baca juga: Mulai Rp 5 Jutaan, Daftar Motor Listrik Subsidi Kini Mencapai 33 Model

Stand Kementerian ESDM yang menawarkan motor listrik konversi di Indonesia Electric Motor Show (IEMS)KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Stand Kementerian ESDM yang menawarkan motor listrik konversi di Indonesia Electric Motor Show (IEMS)

IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan bersama dari BRIN, perusahaan, pemangku kepentingan, serta produsen kendaraan listrikdan komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Irwan Rachman, Ketua Pelaksana IEMS 2023, di Cibinong, Bogor (20/9/2023).

“Pelaksanaan IEMS 2023 akan menggelar berbagai kegiatan diantaranya exhibition, seminar, product presentation, test drive dan test ride kendaraan listrik,” kata dia.

Menurutnya, IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama pemangku kebijakan sekaligus appresiasi kepada produsen kendaraan listrik, serta perusahaan komponen pendukung atas sinergi dan kolaborasinya bersama BRIN selama ini.

Baca juga: Video Viral, Modifikasi Pelat Nomor Diduga untuk Siasati ETLE

Booth Astra Honda Motor yang menawarkan motor listrik Honda EM1 e: di IEMS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Astra Honda Motor yang menawarkan motor listrik Honda EM1 e: di IEMS 2023

“Kegiatan ini juga akan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang inovasi dan teknologi kendaraan listrik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara,” ucap Irwan.

Sementara itu, Damar Rusli, Project Manager Murtila Promosindo, selaku penyelenggara pameran, mengatakan, Inari Expo diikuti total sebanyak 121 peserta.

“Dalam penyelenggaraan selama empat hari, mulai tanggal 20 hingga 23 September nanti kami selaku penyelenggara menargetkan pengunjung sebanyak 15.000 visitor,” kata Damar.

Baca juga: Suzuki Swift Generasi Baru Meluncur Bulan Depan

“Satu hal yang berbeda daripada Inari sebelumnya, Inari tahun ini mengintegrasikan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023. IEMS ini merupakan pionir dan pelaksana awal dari pameran kendaraan listrik dan ekosistemnya di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai informasi, IEMS 2023 sejumlah merek otomotif dan bisnis pendukungnya ambil bagian dalam event ini, yaitu PT. Dharna Polimetal Tbk, PT. Astra Honda Motor (AHM), FIF Group, PT. SGMW Sales Indonesia (Wuling Motors), dan Konversi Kendaraan Listrik (Paviliun Kementerian ESDM),.

Kemudian, PT. Honda Prospect Motor, PT. Mandiri Tunas Finance, PT. Yifang Kargo Mutiara Elektronik, PT. Semesta Motor Indonesia, PT. Volex Indonesia, PT. Mitra Metal Perkasa, Selis, Kosmik, Elektrik Rakyat Indonesia (ERI), dan Alva Motor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com