Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Desain Toyota Yaris Cross Hybrid Buatan Indonesia

Kompas.com - 12/09/2023, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKATA, KOMPAS.com - Kehadiran Yaris Cross Hybrid yang mengusung DNA sport utility vehicle (SUV) di Indonesia membuat pasar kendaraan bermotor ramah lingkungan nasional semakin ramah. Apalagi, mobil dipasarkan dengan harga kompetitif mulai Rp 440 jutaan.

Mengusung konsep "Solid & Dynamic", mobil yang sudah dirakit di dalam negeri melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini punya tampilan modern dan gagah. Kemudian, juga diberikan elemen sporty pada varian GR Sport-nya.

Kesan sporty itu terlihat jelas dari bagian depan dengan grill trapezoidal yang berbeda ukuran antara atas dan bawah. Demikian pula untuk desain lampu utama yang dibuat mengikuti lekukan kap mesin dan bodi samping.

Baca juga: Jokowi Mau Standar Emisi Euro 5 dan Euro 6 Dipecepat, Ini Kata Toyota

Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Yaris Cross Hybrid

Seklias, desain wajah Yaris Cross sedikit menyerupai RAV-4. Sementara sampingnya, ada lekukan tegas khas SUV Toyota yang ditonjolkan lewat spatbor lebar yang dipadukan bodi kotak dan pelek berukuran 18 inci.

Melihat bagian belakangnya, suatu tampilan menarik tersaji di mana atapnya melandai ala SUV medium kekinian. Membuat bagian terkait terkesan padat.

Adapun dimensi mobil memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan ground clearance 260. Membuat Yaris Cross tak hanya mampu melibas medan aspal perkotaan, tapi juga percaya diri diajak berpetualang.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Xpander, Tembus Rp 3 Jutaan

Interior Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Toyota Yaris Cross Hybrid

Data di atas kertas, overhang depan-belakang atau jarak antara wheelbase mobil ke ujung bumper dibuat padat dengan approach angle 19 derajat dan departure angle 28 derajat.

Sementara radius putar mobil tergolong kecil, yakni 5,2 meter sehingga lebih lincah untuk bermanuver dan u-turn.

Masuk ke bagian interior, nuansa lapang begitu terpancar kental dengan desain dasbor yang layaknya kokpit pesawat dan penempatan ruang tengah ringkas tetapi fungsional.

Baca juga: Tarik Mobil Pakai Tali, Pelajari Cara Bikin Simpul yang Kuat

Di segmen SUV, stabilitas dan kenyamanan Toyota Yaris Cross tergolong baik dan memiliki komposisi yang pasKompas.com - Aris Harvenda Di segmen SUV, stabilitas dan kenyamanan Toyota Yaris Cross tergolong baik dan memiliki komposisi yang pas

Untuk tinggi orang dewasa sekitar 171 cm tak ada masalah pada bagian kaki atau atap. Kesan lapang juga dihadirkan melalui Panoramic Glass Roof with Power Sunshade.

Menguatkan karakter sebagai SUV berkelas, nuansa kabin dibuat warna hitam, dari dasbor, sampai jok yang sudah dilapis sintetis dan fabric lengkap dengan detail jahitan biru. Ditambah lagi dengan gagang kemudi yang dikemas elegan dan sporty.

Selain itu, Toyota juga mencoba menyuguhkan kesan mewah melalui material bahan lembut dan berlapis satin, termasuk soft dashboard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com