Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fitur Toyota Rumion, Ertiga Berwajah Innova

Kompas.com - 12/09/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota belum lama ini meluncurkan Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya bernama All New Toyota Rumion. Mobil yang merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Maruti Suzuki ini mengambil basis dari Suzuki Ertiga.

Secara tampilan, Rumion memiliki dimensi yang sama seperti Suzuki Ertiga. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan desain, seperti pada fascia, grill dan bumper.

Toyota Rumion menggunakan grill yang mirip dengan Toyota Innova dengan desain bumper depan finishing chrome yang terlihat lebih atraktif.

Baca juga: Harga Honda Brio Bekas Generasi Pertama mulai Rp 99 Juta

Di bagian kabin, tidak ada perbedaan layout dasbor antara Rumion dan Ertiga. Keduanya mendapatkan sentuhan interior dual-tone dengan sisipan panel kayu pada bagian dasbor dan setir.

Lantas bagaimana soal kelengkapan fitur kembaran dari Ertiga ini?

Toyota Rumion dibekali dengan head unit 8 inci yang sudah terintegrasi dengan bluetooth. Head unit ini sama persis seperti yang ada pada Suzuki Ertiga.

MPV anyar Toyota ini juga sudah mendapatkan kontrol iklim otomatis, kamera mundur (tipe V), serta kluster instrumen analog dengan MID digital.

Toyota Rumiontoyotabharat.com Toyota Rumion

Pada trim tengah dan tertinggi Rumion (G dan V) sudah disematkan sistem speaker Arkamys, yang terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel. Sementara, untuk Suzuki Ertiga fitur tersebut hanya disematkan pada trim tertinggi atau ZXi+ (spesifikasi India).

Sayangnya, Rumion belum dibekali seket 12V pada baris ketiga, di mana soket charger tersebut sudah disematkan pada kembarannya, Ertiga.

Menyoal fitur keselamatan, Rumion dibekali teknologi yang cukup lengkap, terutama untuk trim G dan V.

Baca juga: Tilang Uji Emisi Dibatalkan Meski Kepatuhan Uji Emisi Rendah

Terdapat dual front airbags, front seat side airbags (tipe V), ABS with EBD Brake assist, ESP, Engine Immobiliser, Hill Hold, ISOFix Child seat, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera (V) serta Cruise Control (V).

Pada tipe G dan V juga sudah mendapat Toyota I Connect, sehingga pemilik kendaraan bisa melakukan kontrol kendaraan melalui smartphone. Seperti membuka dan kunci kendaraan, menyalakan lampu hingga menemukan lokasi parkir mobil.

Menyoal harga Toyota Rumion dibanderol mulai 1.029 Rupee atau sekitar Rp 189 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com