Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Aturan Track Day di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 12/09/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan track day atau balapan akhir pekan makin sering diadakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Track day sendiri merupakan salah satu agenda rutin yang digelar di sirkuit.

Namun, banyak yang belum paham kalau jumlah lap pada ajang track day dibatasi oleh pengelola sirkuit. Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, maksimal jumlah lap yang diperbolehkan ialah lima lap.

Baca juga: PO Gunung Harta Kasih Potongan Harga Tiket di Bulan Ini

"Track day tidak boleh dari lima lap, bisa lebih dari lima lap tapi masuk paddock dulu. Kalau bukan pebalap itu sudah kelelahan, takutnya dia di lap 6, 7 atau 8 malah black out," ujar Priandhi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Wahana ajak loyalis Honda geber CBR250RR di Sirkuit MandalikaDok. Wahana Wahana ajak loyalis Honda geber CBR250RR di Sirkuit Mandalika

Priandhi mengatakan, saat ini aturan tersebut berlaku untuk track day dan balapan komunitas baik mobil dan sepeda motor.

"Jadi lima lap (kemudian) bendera merah supaya masuk paddock, istirahat dan cooling down, setelah itu kalau mau melakukan lima lap lagi boleh," ujarnya.

Priandhi mengatakan, sebelum balapan para peserta akan mendapat safety induction atau pengenalan keselamatan. Tiap orang akan mendapat tanda khusus sesuai pengalaman balapan di sirkuit.

"Jadi kalau lolos pengenalan akan mendapat ID warna merah artinya baru pemula, kemudian kalau sudah mencoba satu kali track day, keputusan ada di saya, bisa dari merah bisa menjadi kuning, atau tetap merahnya mesti lima kali dulu," katanya.

Sirkuit Mandalikadok. MGPA Sirkuit Mandalika

"Kalau saya rasa dia memang bisa berkendara di dalam trek langsung saya kasih," ujar Priandhi.

Baca juga: Pakai Bus Listrik, Transjakarta Berhasil Kurangi 9,9 Persen Emisi

"Beda kalau pebalap Sentul dia datang dan sudah punya KIS (Kartu Izin Start) dan aktif balap saya langsung kasih kartu warna hijau, setiap saat dia datang ke situ tidak perlu safety induction lagi karena dia sudah tau tata cara di dalam sirkuit," katanya.

Priandhi mengatakan, safety induction merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan sebelum masuk ke lintasan.

"Kalau baru kan kadang-kadang di kasih bendera merah tidak mengerti. Dia tetap mutar-mutar, jadi itulah gunanya safety induction mengajari, kalau ada bender merah, bendera hitam harus ngapain," kata Priandhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com