Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Speedometer Motor Warna-warni, Justru Kehilangan Fungsi

Kompas.com - 11/09/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi speedometer motor bisa jadi pilihan bagi pengendara yang bosan dengan tampilan motornya. Apalagi sekarang kebanyakan sudah pakai model LCD, ada saja variasinya.

Paling banyak ditemui di pasaran adalah paketan stiker yang dipasang ke speedometer sehingga jadi warna-warni cahayanya. Cuma, modifikasi seperti ini jadi tidak fungsional ketika siang hari.

Anton Suriyadi, Pemilik bengkel Service Speedometer di Cibubur mengatakan, banyak yang custom speedometer jadi warna-warni, tapi ada kekurangannya.

Baca juga: Modus Begal Motor Mengaku Debt Collector Adira, Beraksi di Jalan Sepi

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

"Selama ini kan kita tahunya bagus ya (kelihatannya) sementara saat siang hari, itu enggak kelihatan atau samar-samar, kalah dengan cahaya matahari," kata Anton kepada Kompas.com belum lama ini.

Memang, selama ditawarkan oleh penjualnya, pasti diperlihatkan dalam kondisi ruangan yang gelap, seperti di dalam rumah atau malam. Tapi saat siang, kalau jadi enggak kelihatan malah menghilangkan fungsi speedometer.

Baca juga: Toyota Fortuner Generasi Terbaru Siap Meluncur, Tampang Lebih Agresif


"Dia kan ditambah (stiker) biar warna-warni, minimal dua maksimal tiga (lapis) biar warna lebih cerah. secara logika, dengan dua lapis ini sudah menutupi pencahayaan," kata Anton.

Jadi stiker tadi yang dipasang malah bisa menghalangi cahaya lampu dari dalam speedometer. Ingat, jangan sampai lakukan modifikasi yang malah merugikan, harus tau konsekuensinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com