Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Titik Berwarna di Ban dan Pelek pada Mobil Baru

Kompas.com - 08/09/2023, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil baru yang datang dari diler biasanya punya tanda-tanda khusus. Salah satunya ialah tanda pada bagian ban dan pelek berupa titik berwarna mencolok dengan posisi sejajar.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, tanda seperti itu merupakan upaya untuk mencari titik paling optimal antara ban depan pelek biar ban bergulir dengan maksimal.

Baca juga: Kata Toyota Soal Mobil Hybrid Sejuta Umat

Zulpata menjelaskan, tanda titik pada ban merupakan tanda bagian ban yang punya kekuatan lebih dari yang lain. Tanda pada ban tersebut merupakan tanda dari proses bernama Radial Force Variation (RFV).

Mobil baru yang datang dari diler biasanya punya tanda-tanda khusus. Salah satunya ialah tanda pada bagian ban dan pelek yang sejajar berupa titik tertentu dengan warna mencolok.KOMPAS.com/Gilang Mobil baru yang datang dari diler biasanya punya tanda-tanda khusus. Salah satunya ialah tanda pada bagian ban dan pelek yang sejajar berupa titik tertentu dengan warna mencolok.

"Ban itu ada quality check. Jadi ban dari green tire sampai jadi telapaknya itu ada beberapa cek, ada namanya uniformity (keseragaman) atau kebulatan ban. Ban bundar, tapi namanya karet pasti ada bagian yang forces (kekuatan) lebih dari bagian lain," kata Zulpata kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

"Cara (mengetahuinya) bukan diputar saja, tapi ditekan dan nanti ada gaya baliknya yang lebih besar dari yang lain. Itu yang paling tinggi diberikan tanda, namanya uniformity RFV," kata Zulpata.

Singkatnya, RFV adalah variasi gaya yang terjadi di sekeliing ban secara vertikal atau tegak lurus ke atas dan ke bawah sewaktu berotasi. Ban yang RFV tinggi tidak akan nyaman digunakan karena akan bergetar.

"Gunanya (titik) itu nanti waktu dipasang di pelek, pelek itu kan run out (berputar) dipakai di jalan. Nanti peleknya dicari yang paling rendah run out-nya kemudian digabung dengan RFV yang tinggi. Syukur-syukur jadi nol, jadi mengurangi vibrasi," katanya.

Baca juga: Pemerintah Dorong Ekosistem EV, Investasi Sudah Capai Rp 3,2 Triliun

Mobil baru yang datang dari diler biasanya punya tanda-tanda khusus. Salah satunya ialah tanda pada bagian ban dan pelek yang sejajar berupa titik tertentu dengan warna mencolok.
KOMPAS.com/Gilang Mobil baru yang datang dari diler biasanya punya tanda-tanda khusus. Salah satunya ialah tanda pada bagian ban dan pelek yang sejajar berupa titik tertentu dengan warna mencolok.

Bisa juga sebaliknya, kata Zulpata. Jadi, tanda pada ban ialah titik berat ban yang paling ringan. Dari titik itu ban akan dipasangkan pada bagian pelek yang memakai pentil yang merupakan titik terberat pelek.

"Ada juga titik berat, berupa titik, nanti dari ban ditimbang, (bagian) yang paling ringan akan dikasih tanda kemudian digabung dengan pentil," kata Zulpata.

"Pelek itu kan hampir sama sekelilingnya dan ditambah pentil berarti agak berat sedikit, nanti digabung itu (titik ban yang paling ringan), syukur-syukur nanti hasilnya jadi timbangannya tidak besar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com