Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Motor Tidak Kena Begal, Bisa Pakai Alat Ini

Kompas.com - 07/09/2023, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor dengan fitur keyless kadang masih bisa dibawa lari oleh pelaku begal. Selama mesin masih menyala dan kunci ada di korban, maka mesinnya tidak bisa dimatikan lewat remot.

Tapi Honzuyaka, bengkel modifikasi kunci keyless di Bogor membuat sistem anti begal yang bisa dipasang ke motor dengan fitur keyless. Fungsinya, membuat mesin mati saat remote jauh dari jangkauan motor.

Mulyono, Pemilik Honzuyaka mengatakan, sistem anti begal yang dia buat bisa dipasang langsung ke motor yang sudah keyless karena tersambung ke SCU atau komputer dari sistem keyless.

Baca juga: Kenop Keyless Motor yang Dirusak Maling Tidak Bisa Diperbaiki

Sistem anti begal dari HonzuyakaHONZUYAKA Sistem anti begal dari Honzuyaka

"Apabila remot menjauh (dari motor), maka setelah satu menit mesin akan mati dan alarm bunyi," kata Mulyono kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Kalau kondisinya motor dibawa kabur, maka satu menit mesin mati membuat motor tidak terlalu jauh, masih bisa dikejar. Apalagi saat satu menit lewat, alarm menyala, maka bisa menarik perhatian orang dan minta tolong.

"Ini hanya bisa dipasang buat motor yang sudah keyless atau sudah terpasang keyless (modifikasi)," ucap Mulyono.

Baca juga: Toyota Siapkan SUV Century Versi Cabriolet dan GRMN


Mulyono menjelaskan, untuk motor yang sudah pakai keyless (bawaan), maka harganya Rp 400.000 sudah termasuk pasang. Sedangkan yang sekalian ingin pasang sistem keyless, ditambah anti begal ini jadi Rp 2,5 juta.

Pemasangan anti begal ini bisa membantu pemilik motor merasa lebih aman. Saat motor diambil paksa saat sedang berkendara, maka pelaku tidak bisa jalan jauh karena dalam satu menit mesin motor akan mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com