Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Motor Listrik Harga Belasan Juta Rupiah, Selis E-Max dan Yadea E8S Pro

Kompas.com - 06/09/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beli motor listrik sekarang bisa mendapatkan subsidi. Syarat paling baru, cukup dengan memiliki KTP atau satu NIK bisa membeli satu unit motor listrik.

Bagi yang cari motor listrik dengan dana belasan juta rupiah, sebenarnya ada banyak pilihannya. Apalagi di rentang harga tersebut biasanya sudah punya jarak tempuh yang jauh dan fitur melimpah.

Pada tulisan kali ini, redaksi Kompas.com mau membandingkan motor listrik penerima subsidi di segmen tersebut. Kedua motor yang kami komparasi adalah Selis E-Max dengan Yadea E8S Pro.

Baca juga: Komparasi Motor Listrik di Bawah Rp 10 Juta, Exotic Sterrato vs Unite MX 1200

Test ride motor listrik Yadea E8S ProKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Yadea E8S Pro

Bicara soal harga, E-Max dibanderol Rp 13,5 juta setelah subsidi. Sedangkan E8S Pro harganya jadi Rp 16,9 juta.

Secara bentuk atau tampilan, kedua motor ini bentuknya mirip-mirip, simpel dan mengotak. Tapi tampilan depan dari E8S Pro memakai model lampu LED persegi panjang, kalau yang E-Max kotak saja.

Secara spesifikasi, E-Max menggunakan baterai SLA 60V 25Ah yang disalurkan ke motor listrik 1.200 W. Kecepatan puncaknya di 50 Kpj dan punya kemampuan jelajah sampai 120 Km.

Baca juga: Sesekali Pakai BBM Oktan Tinggi Bisa Bersihkan Ruang Mesin?

Ilustrasi Selis E-MaxKOMPAS.com/Gilang Ilustrasi Selis E-Max

Sedangkan untuk E8S Pro, menggunakan baterai Graphene 72V 38Ah, dihubungkan dengan motor listrik 2.000 W. Kecepatan puncaknya 60 Kpj dan bisa menempuh jarak 100 Km.

Uniknya buat E8S Pro, memiliki fitur rem regeneratif, atau Yadea sebut dengan nama TTFAR serta rem cakram ganda. Tersedia juga mode berkendara 1 dan 2 untuk memilih kecepatan.

Sedangkan untuk fitur, E-Max juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara. Lalu, di sisi pengereman E-Max sudah dilengkapi rem cakram ganda, di depan dan belakang.

Fitur yang diunggulkan dari E-Max seperti keyless yang artinya bisa dioperasikan bila sensor mendeteksi keberadaan kunci di sekitar. Selain itu, juga dilengkapi alarm anti-maling, immobilizer dan GPS tracking untuk pelanggan yang menginginkan fitur tersebut.

Dari kedua motor tersebut, Selis bisa dibilang kasih banyak fitur untuk E-Max kalau dibandingkan Yadea. Cuma, performa dari Yadea tampaknya lebih bisa diandalkan daripada Selis E-Max.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com