Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Toyota Transmover dengan Avanza, Ada pada Opsi Fitur

Kompas.com - 04/09/2023, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Transmover baru dengan basis generasi terakhir dari Avanza tertangkap kamera di jalan. Mobil tersebut sedang diangkut di truk, sedang mengarah ke Cikampek.

Bedanya dengan Transmover sebelumnya, yang baru ini sudah memakai penggerak roda depan. Tapi, apa saja perbedaan fitur antara Transmover yang baru dengan Avanza biasa?

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor menjelaskan, Transmover pasti basisnya sama dengan Avanza, ada beberapa perbedaan terutama pada bagian fitur.

Baca juga: Soal Toyota Transmover Baru, Blue Bird Belum Buka Suara

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

"Bedanya ada penyesuaian fitur khususnya untuk kebutuhan di segmen fleet, karena dasarnya berbeda (kebutuhannya)," kata Anton kepada Kompas.com, Minggu (3/9/2023).

Anton menjelaskan, pelek yang digunakan 15 inci dan bukan alloy, dijual tanpa audio dan alarm. Sedangkan Avanza biasa, tipe E saja peleknya sudah alloy single tone, dan fitur seperti audio dengan layar sentuh dan alarm sudah jadi standar.

"Ini (audio dan alarm) biassanya akan dipasang sendiri atau custom sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan fleet," kata Anton.

Baca juga: Jumlah Kendaraan yang Tidak Lolos Razia Uji Emisi Hari Pertama


Fitur lain yang disesuaikan di Transmover adalah speaker cuma ada dua, indikator sabuk pengaman cuma buat driver, dan tampilan eksterior. Transmover pilihan warnanya terbatas, cuma putih solid, hitam, dan silver.

"Sisanya secara spesifikasi, masih mengadopsi yang relatif mirip Avanza type E. Bahkan termasuk fitur safety seperti VSC (Vehicle Stability Control), HSA (Hill Start Assist), dan Airbag," kata Anton.

Untuk pemesanan Transmover, Dimas Aska, Interactive Communication Dept. Head PT TAM menjelaskan, prosesnya sama saja seperti mobil biasa, artinya beli melalui diler, tapi statusnya spot order.

"Artinya baru diproduksi sesuai pesanan fleet ke dealer. Biasanya yang sudah dikirim artinya sudah ada pemesanan di dealer," ucap Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com