Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Pekerjaan Kru Bus AKAP Saat Bus Sudah Tiba di Terminal Akhir

Kompas.com - 29/08/2023, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) yang memberikan layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) kini kian beragam. Bahkan, trayek bus AKAP kini makin luas tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, setiap bus AKAP punya pemberhentian terakhir baik itu di pool atau terminal bus. Tidak hanya untuk menurunkan penumpang dan menunggu penumpang untuk naik ke bus, saat tiba di pemberhentian akhir, biasanya ada sederet hal yang harus dilakukan.

Salah satu kernet bus dari PO Agung Sejati mengatakan, biasanya saat tiba di tujuan akhir, bus akan langsung dibersihkan oleh kernet.

Baca juga: Begini Jadinya Suzuki Jimny Kawin Silang dengan Land Cruiser

“Yang pertama bus langsung dibersihkan. Langsung kita sapu dan pel lantainya. Toilet juga kita bersihkan. Jok kursi kalau menggunakan lapisan bahan kulit tinggal dilap, kalau bahan beludru kita vakum. Kabin harus harum. Kaca-kaca dan bodi bus kita bersihkan juga,” kata kernet bus tersebut kepada Kompas.com di Terminal Bubulak Bogor, Senin (29/8/2023).

Jejeran bus AKAP di terminal bus Ciawi, BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Jejeran bus AKAP di terminal bus Ciawi, Bogor

Pria yang menjadi kernet sopir bus trayek Bubulak – Wonogiri tersebut juga mengatakan, bagasi kabin dan bagasi luar juga akan dibersihkan.

Selain itu, yang paling utama adalah memastikan performa kendaraan dengan memeriksa mesin, kaki-kaki dan juga ban.

Biasanya pada setiap tempat pemberhentian akhir akan ada mekanik atau teknisi yang bertugas memeriksa bus. Hal tersebut berkaitan dengan kelayakan standar keamanan bus.

Baca juga: Red Bull Racing Honda Raih Kemenangan ke-13 di GP Belanda 2023

“Teknisi akan memeriksa rem, setir, kabel kelistrikan dan sebagainya. Misalnya ada oli yang kurang atau bagaimana, dia akan kasih tau dan perbaiki,” kata kernet tersebut.

Lalu, setelah itu, biasanya kru bus akan bergantian bersih-bersih usai melakukan perjalanan yang panjang. Sambil menunggu jam keberangkatan, kru juga akan menyempatkan waktu untuk tidur juga sejenak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com